Berita / Prestasi

Sholatiah Lubis Sumbang Medali Untuk STAIN Madina Pada Ajang PKM II Se Sumatera

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 08 Juni 2021


Panyabungan – 08 Juni 2021. Sholatiah Lubis adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab STAIN Madina. Pada ajang lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) II se-Sumatera berhasil meraih juara III pada bidang Qiroatul Kutub. Kegiatan lomba yang digelar di UIN IB ini melibatkan peserta dari seluruh PTKIN se-Sumatera.

Akrab disapa dengan nama Sholatiah berasal dari Padang Sanggar, Mandailing Natal. Mahasiswa yang bercita-cita menjadi guru ini mempunyai hobby membaca dan menulis. Ketika mendapatkan informasi terkait pelaksanaan PKM di kampus STAIN Madina, Sholatiah mengikuti seleksi dan berhasil menyisihkan rekan-rekannya yang berjumlah puluhan orang.

Ketika namanya diumumkan oleh panitia sebagai juara III, Sholatiah sangat haru dan senang. Dia mengatakan bahwa hasil yang dicapainya adalah berkah do’a dan dukungan dari keluarga, dosen dan rekan-rekannya.

“Alhamdulillah sangat senang dapat memberikan sesuatu untuk nama kampus STAIN Madina dalam ajang PKM II ini. Tentu apa yang saya capai ini tidak lepas dari do’a dan dukungan dari keluarga saya, dosen-dosen saya dan teman-teman semuanya” tutur Sholatiah

Masih dalam penuturannya, sebelum pelaksanaan lomba Sholatiah selalu belajar dan mengikuti bimbingan dari dosen Pembina. Kemudian, dia juga mengajak rekan-rekannya untuk berdiskusi terkait materi dan kisi-kisi lomba yang telah ditentukan oleh panitia.

Ketua Prodi PBA, Syaipuddin Ritonga, M.Pd., menjelaskan bahwa Sholatiah merupakan mahasiswa yang sangat aktif dan disiplin.

“ananda Sholatiah merupakan mahasiswa yang sangat aktif dalam semua kegiatan yang digelar oleh Prodi, selain itu, dia juga selalu disiplin. Kami sangat bangga dengan prestasi ini, mudah-mudahan dapat ditingkatkan dan menginspirasi bagi mahasiswa lainnya” tuturnya

Pada kesempatan itu juga, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresiasi yang sangat luar biasa. Beliau berharap bahwa hasil yang dicapai dapat ditingkatkan.

Seperti diinformasikan sebelumnya, bidang lomba yang diikuti oleh Sholatiah adalah Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK). Yaitu, jenis cabang lomba membaca kitab turats atau klasik. Kitab yang tidak mempunyai baris, sehingga lebih familiar disebut dengan nama kitab arab gundul atau kitab kuning.

Pada ajang lomba ini, Peserta dituntut untuk mampu membaca, menerjemahkan kemudian menjelaskan setiap kata dari tema yang telah dipilih oleh dewan hakim. Selanjutnya peserta juga diminta untuk menguraikan kata demi kata dalam konteks kekinian.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :