Berita / Kampus

Sinergi Tiga PTKN, DWP STAIN Mandailing Natal Tingkatkan Kapasitas Perempuan

Admin Humas - 07 Agustus 2024


Padangsidimpuan - Rabu, 7 Agustus 2024. Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya perempuan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Mandailing Natal sukses menggelar kegiatan pembinaan dharma wanita persatuan dengan tema “Perempuan Berkualitas dalam Keluarga dan Organisasi”. Kegiatan yang berlangsung pada hari Rabu (7/8/2024) di UIN Syahada Padangsidimpuan ini merupakan kolaborasi dari 3 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Sumatera Utara yaitu: STAIN Mandailing Natal, UIN Syahada Padangsidimpuan, dan IAKN Tarutung.

Acara dibuka dengan pembacaan Kalam Ilahi dan sari tilawah oleh Ibu Resdila Pratiwi bersama Ibu Ayu Meita Putri Siregar. Suasana semakin khidmat dengan pembacaan doa oleh Ibu Nursaniah.

Dalam sambutannya, Ketua DWP STAIN Mandailing Natal, Ny. JWS Rizki Sumper Mulia, mengatakan "Meskipun baru berusia dua tahun, Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Mandailing Natal telah menunjukkan semangat inovasi yang luar biasa. Dengan anggota yang mayoritas masih berusia muda, DWP STAIN Mandailing Natal telah berhasil menginisiasi berbagai program unggulan, seperti Program Jumat Sejuta Berkah dan pembukaan kantin.”

“Kegiatan-kegiatan bulanan yang kaya akan edukasi, mulai dari pencegahan kekerasan seksual, kajian Islam, Fikih wanita hingga tataboga juga telah menjadi agenda rutin kami. Namun kami masih sangat membutuhkan bimbingan dan arahan dari Ibu Penasehat dan Ketua DWP Kementerian Agama serta memotivasi kami untuk terus berkembang." Lanjut beliau.

Kehadiran Ketua DWP Kementerian Agama RI, Ibu Hilda Ainissyifa Ramdhani, memberikan semangat tersendiri bagi para peserta. Dalam sambutannya, Ibu Hilda menyampaikan “Kita sebagai anggota DWP Kementerian Agama seharusnya harus mengerti Visi dan Misi Kemenag supaya kita bisa menselaraskan program-program di DWP kita masing-masing dan DWP kementerian agama RI.”

Sementara itu, Wakil Penasehat DWP Kementerian Agama RI, Ibu Tanti Kristiani Dasuki, turut memberikan sambutan dan menyapa para peserta.

Sebagai narasumber utama, Ibu Hj. Eny Retno Yaqut, yang juga merupakan Penasehat DWP Kementerian Agama RI, memberikan pemaparan yang sangat menarik mengenai peran perempuan, “Pembinaan DWP PTKN wilayah Sumatera Utara bertujuan untuk menjadikan perempuan berkualitas dalam keluarga dan organisasi. Perempuan/ istri mempunyai peran yang sangat penting untuk kemajuan dan kesuksesan keluarga dan organisasi. Organisasi yg dimaksud disini adalah Darma Wanita Persatuan” tegas Ibu Hj. Eny Retno Yaqut.

“Terutama kita DWP yang mewakili keagamaan, maka diharapkan kita bisa mencerminkan nilai-nilai keagamaan dalam lingkungan keluarga dan organisasi serta masyarakat. Melalui sinergi yang baik dengan berbagai pihak, kita dapat mewujudkan lingkungan yang harmonis dan sejahtera berdasarkan nilai-nilai agama.” Lanjut Beliau.

Kegiatan pembinaan ini tidak hanya diisi dengan materi yang inspiratif, tetapi juga terdapat sesi diskusi yang interaktif. Para peserta antusias bertanya dan berbagi pengalaman terkait materi yang disampaikan. Diskusi ini semakin memperkaya pengetahuan dan wawasan para peserta.

Kolaborasi ini juga atas dukungan Ny. Enila Darwis Dasopang (Ketua DWP UIN Syahada Padangsidimpuan) dan Ny. Rismaulina Albiner Siagian (Ketua DWP IAKN Tarutung) dalam menunjukkan sinergi yang kuat sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah Sumatera Utara khususnya Perempuan. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan untuk mendorong kemajuan perempuan dan masyarakat.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :