Berita / Kampus

STAIN Madina Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI ke 75

Humas - 05 Januari 2021


Panyabungan - Selasa, 05 Januari 2021. STAIN Madina menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 75. Kegiatan ini digelar di Lapangan Kampus STAIN dan diikuti oleh seluruh dosen, pegawai, staff dan pramubakti.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., selaku Pembina upacara menyampaikan sambutan Menteri Agama, H. Yaqut Cholil Qoumas yang bertemakan Indonesia Rukun.

Di antara poin-poin dalam sambutan itu adalah Menteri Agama RI menyampaikan bahwa Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.

Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Dalam sambutan itu juga disampaikan di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Menteri Agama juga mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Kedua, penguatan moderasi beragama. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Kemudian secara khusus, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., berharap bahwa seluruh karyawan dan karyawati Kemenag RI di SATKER STAIN Madina mampu menerapkan dan merealisasikan harapan dari Menteri Agama RI.

“mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan, kekuatan serta kebersamaan untuk mewujudkan harapan para pemimpin kita. Mari terus berkarya untuk bangsa, Negara dan agama” tutup beliau

Pada kesempatan itu pula, Ketua STAIN memberikan Satya Lencana kepada sejumlah pegawai yang telah mengabdi 10 s.d 20 tahun di Kementerian Agama, yaitu Irfan Mustofa, M.A., Hamonangan, M.Si., Junita Irawati, M.A., Nuraini, M.Pd., dan Minah Pulungan, S.Pd.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :