Berita / Kampus

Kunjungan Sekaligus Penandatanganan MoA UPT Bahasa STAIN Madina dengan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 22 November 2022


Panyabungan - 22 November 2022. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) turut lakukan MoA bersama Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini berbarengan dengan Benchmarking dan kerjasama yang dilakukan oleh Program Studi PGMI, MPI, TBI, MBS dan PS Minggu lalu, tepatnya selasa 15 Nopember 2022.

Rombongan UPT Bahasa STAIN Madina terdiri dari Dr. Titi Martini Harahap, M.H.I (Kepala UPT Bahasa STAIN Madina) dan Ria Rafita Supriani, M.Pd (Koordinator Bahasa Arab).

Kedatangan rombongan STAIN Madina disambut baik oleh Tim PPB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala PPB UIN Jakarta Dr. Siti Nurul Azkiyah, M.Sc, Ph.D. bersama Mukhshan Nawawi, M.A (Koordinator Bahasa Arab) dan Neneng Sunengsih, M.Pd (Koordinator Administrasi).

Dilansir dari Kepala UPT Bahasa STAIN Madina, PPB UIN Jakarta dengan besar hati berbagi pengalaman serta ilmu bahkan arahan tentang menjalankan kegiatan kegiatan di UPT Bahasa. Sebagai kampus baru, STAIN Madina membutuhkan berbagai masukan yang dapat membawa manajemen lembaga ke arah yang lebih baik lagi. Dr. Siti Nurul Azkiyah juga menguatkan para rombongan dengan berbagai motivasi agar semua TIM di UPT Bahasa untuk tetap semangat dan Optimis dalam membawa kelangsungan kegiatan UPT Bahasa yang lebih maju ke depannya.

Disamping itu Terkait TOEFL dan TOAFL, Ibu Nurul dan Bapak Mukhshan memberikan arahan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memberlakukannya sebagai salah satu syarat untuk sidang munaqasyah mahasiswa. 

"Yang paling penting di awal adalah agar membentuk TIM Pengembangan Instrumen Tes dengan SDM yang ahli di dalamnya. Pihak PPB UIN Syarif Hidayatullah siap bekerjasama jika dibutuhkan." Pungkasnya.

Disi lain, pihak PPB UIN Jakarta sangat senang ketika mengetahui bahwa UPT Bahasa STAIN Madina memiliki Divisi Bahasa Mandailing (Bahasa Daerah) selain Bahasa Inggris dan B. Arab. Dan memberikan arahan agar STAIN Madina ikut bergabung di Balai Bahasa yang menaungi berbagai bahasa Daerah di Indonesia.

Kepala UPT Bahasa STAIN Madina, Dr. Titi Martini mengungkapkan rasa terimakasihnya atas sambutan hangat dan ilmu yang sangat bermanfaat yang telah diberikan. Sebagai pemula, masukan, arahan dan motivasi yang diberikan sangat berguna bagi perkembangan UPT Bahasa STAIN Madina nantinya.  

"Insyaallah kami membawa pulang semangat luar biasa Ibu Kepala PPB." Ucap Dr. Titi.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan penandatangan MoA. Tidak lupa foto bersama sebagai kenangan dipenghujung acara.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :