Berita / Kampus

STAIN Madina Langitkan Doa dan Zikir Pada Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 21 Oktober 2022


Payabungan – Jum'at 21 Oktober 2022. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal  menggelar acara pengajian, zikir dan do’a Bersama dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. Acara ini digelar di Aula kampus STAIN Madina, Kamis (21/10). Rangkaian acara digelar sebagai wujud kebersamaan dimana sebagian besar civitas akademika STAIN Madina berasal dari pondok pesantren. 

Wakil Ketua I Bidang Akademik dan kelembagaan STAIN madina, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A mengatakan dalam sambutannya bahwa peringatan ini perlu kita hidupkan untuk mengenang perjuangan para ulama terdahulu yang berjuang demi kemerdekaan RI melalui pondok pesantren.

Beliau menambahkan bahwa hari santri adalah ajang menguatkan ukhuwah Islamiyah bagi seluruh warga Indonesia. Sekalipun tidak pernah mengenyam Pendidikan di pondok pesantren, namun setiap muslim Indonesia tetap tumbuh sebagai santri TPA maupun MDA di desa-desa tempat mereka tinggal.

“kita merupakan para santri yang lahir dan tumbuh dilingkungan yang penuh dengan nuansa islami. Bukan hanya pondok pesantren, setidaknya kita pernah menjadi santri TPA ataupun MDA di kampung masing-masing untuk belajar agama Bersama guru-guru kita.”ungkap beliau.

Pada kesempatan lain, Dr. H. Sumper Mulia harahap, M.Ag menyampaikan selamat hari santri kepada seluruh civitas akademika STAIN Madina. Beliau juga menyampaikan rasa bangganya karena menjadi bagian dari barisan para santri. 

Lebih lanjut beliau mengatakan dalam meningkatkan taraf pendidikan agama mahasiswa, STAIN madina terus berupaya mengembangkan Program Ma’had Jam’iah. Salah satu program kampus yang memfokuskan para pesertanya untuk mendalami bidang agama secara ekslusif.

“melalui Ma’had Jami’ah STAIN Madina, kita hidupkan kembali darah perjuangan ulama dengan menghadirkan berbagai pelajaran seputar keagamaan dan pengembangan basic agama para mahasiswa yang menjadikan mereka mahasantri nantinya.” Ungkap Dr. Sumper Mulia.

Rangkaian kegiatan peringatan hari santri nasional di STAIN Madina berjalan dengan khidmat. Para perserta dengan khusyu’ mendengarkan tausiah serta melafalkan zikir. Do’a Bersama menjadi penutup kegiatan ini.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :