Berita / Kampus

HMPS Hukum Pidana Islam STAIN Madina Adakan Seminar Hukum

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 07 Juni 2023


Panyabungan - Rabu, 7 Juni 2023. Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Pidana Islam STAIN Madina mengadakan seminar hukum dengan tema "Literasi Hukum Via Media" pada Rabu (07/06/2023). Kegiatan seminar bertempat di aula STAIN Madina yang dimulai pukul 14.00 Wib dengan dihadiri oleh Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, Ketua prodi dan para dosen prodi Hukum Pidana Islam. Hadir juga dalam seminar tersebut perwakilan HMPS seluruh prodi STAIN Madina. 

Seminar ini merupakan salah satu program kerja HMPS Program Studi Hukum Pidana Islam dalam rangka menambah pengetahuan hukum mahasiswa. Sebagaimana diketahui, HMPS Hukum Pidana Islam STAIN Madina belum genap berumur satu tahun. Para pengurus HMPS seluruhnya mahasiswa semester 2 karena program studi Hukum Pidana Islam di STAIN Madina juga belum genap berusia satu tahun.

Ketua STAIN Madina dalam sambutannya menyampaikan bahwa HMPS yang sekarang harus menjadi contoh bagi mahasiswa Hukum Pidana Islam berikutnya. Mahasiswa harus mampu menampilkan sisi paling baik dari dirinya sebagai mahasiswa. Seminar ini salah satu perwujudannya. 

Sebagai narasumber, Mardia Pulungan, M.H, advokat sekaligus akademisi menguraikan istilah-istilah hukum yang selama ini disebut-sebut di media massa terutama pasca kasus Ferdy Sambo. Istilah-istilah seperti obstruction of justice, justice collabolator dan lainnya menurut Mardia sebenarnya adalah istilah hukum biasa di kalangan praktisi maupun akademisi hukum namun akibat perkembangan pemberitaan media massa, masyarakat semakin akrab dengan istilah-istilah hukum tersebut.

Narasumber yang kedua, Edi Junaedi, M.Si dari Persatuan Wartawan Indonesia Mandailing Natal menyampaikan materi seminar dengan topik peran media dalam meningkatkan wawasan hukum mahasiswa. Edi menyampaikan bahwa di dunia demokrasi, pers merupakan pilar demokrasi yang keempat. Fungsi pers salah satunya menambah pengetahuan pembacanya melalui informasi yang disampaikan.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :