Berita / Kampus

Sukses Laksanakan CAT IPMB Tahap II, Ketua STAIN Mandailing Natal Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag : Kita Perlu Jaga dan Kembangkan Kualitas ASN

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 01 Maret 2023


Panyabungan – Rabu, 1 Maret 2023.  STAIN Mandailing Natal sukses laksanakan CAT IPMB Tahap II. Test ini dilakukan sesuai dengan Surat Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor : P-002877/SJ/B.II.2/KP.02.3/02/2023 tentang Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis CAT IPMB ASN Kementerian Agama Tahap II. Untuk pelaksanaannya dilakukan di Gedung serbaguna STAIN Mandailing Natal pada Selasa (28/2).

Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, Ketua STAIN Mandailing Natal pada kesempatan yang lain mengatakan bahwa CAT ini perlu dilakukan untuk mengukur sekaligus menguatkan kualitas ASN.

“kualitas ASN perlu dijaga agar nilai Ber-AKHLAK yang dicanangkan oleh pemerintah dapat terlaksana secara real. Melalui tahapan ini kita bisa bisa melihat kredibilitas personal yang nantinya menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kualitas ASN.” Ucap beliau.

Oleh karenanya, Dr. Sumper Mulia mengatakan bahwa STAIN Mandailing Natal sangat mendukung kegiatan ini. Beliau menambahkan bahwa CAT ini juga menjadi salah satu langkah tepat dalam rangka menjaga dan memelihara paham-paham yang bertentangan dengan ideologi dan paham kebangsaan.

“Kita mendukung pelaksanaan CAT ini agar ASN dapat terhindar dari paham-paham yang bertentangan dengan ideologi bangsa. Tentu dengan merivew kembali  pengetahuan kita seputar profesionalisme dan keberagamaan. Di era yang semakin canggih ini, ASN dituntut untuk terus mengembangkan diri menjadi SDM yang berkualitas” tuturnya.

Disamping itu, Ketua STAIN Mandailing Natal juga menyampaikan bahwa di era golobal sekarang ini, ASN perlu meningkatkan sikap moderat dalam membendung paham dan perilaku radikal.

“Moderasi beragama bukan hanya menjadi suatu pola pikir namun harus diimplementasikan secara praktis. Dengan menanamkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari tentu dapat menguatkan pondasi NKRI yang terlahir sebagai negara majemuk.” Ucap beliau.

Sebagai informasi, sebanyak 35 orang mengikuti agenda tersebut. Para peserta terdiri dari unsur pimpinan dan danitia serta ASN yang belum mengikuti tahap pertama. Test dilaksanakan dalam tiga sesi dan berlangsung penuh khidmat.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :