Berita / Akademik

Tingkatkan Eksistensi, Prodi PIAUD Adakan Seminar Prodi Sekaligus MoU Dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Provinsi Sumatera Utara

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 04 Juli 2022


Panyabungan – 04 Juli 2022. Acara Seminar Nasional  Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Madina dengan tema "Membangun Motivasi Mahasiswa Dalam Memasyarakatkan RA" telah sukses digelar (29/6). Acara berlangsung di Aula Kampus Lama  STAIN Madina.

Kali ini Prodi PIAUD mengundang narasumber berkompeten. Yaitu: Dra. Hj. Hayatun Mardiah, M.Pd.I, Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Provinsi Sumatera Utara sekaligus Assesor BAN-PAUD, beliau juga merupakan dosen di beberapa perguruan tinggi di Medan. Selanjutnya Prabudi Fajar Sidik Siregar M.Pd, motivator ulung dan juga bergerak di bidang akademisi.

Dr. Irma Suryani Siregar membuka acara seminar secara resmi. Dalam sambutannya, beliau berharap agar Prodi PIAUD STAIN Madina tetap intens menjalin komunikasi dengan ketua IGRA Sumut, tujuannya supaya Prodi PIAUD makin berkembang. “STAIN Madina sangat mengapresiasi seminar ini karena panitia berinisiatif mendatangkan narasumber yang bisa memberikan motivasi yang tepat bagi mahasiswa.” Ucap Dr. Irma.

Ketua Prodi PIAUD Stain Madina, Kholidah Nur , MA menyampaikan tentang polemik mahasiswa dewasa ini. Dimana mereka kehilangan arah dan tujuan mengambil suatu Prodi tanpa tahu prospek kedepannya. Oleh karena itu, Prodi PIAUD secara khusus mengundang narasumber untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswi PIAUD agar menuntaskan problematika tersebut.

Menurutnya, Seminar ini juga dalam rangka memotivasi mahasiswa agar memasyarakatkan Raudahtul Athfal. Serta membina hubungan dengan instansi pendidikan anak usia dini sehingga mahasiswa lebih siap dalam progres kerja kedepannya.

Demi memperkuat eksisensinya, Prodi PIAUD mengambil kesempatan besar untuk menjalin kerjasama dengan Ketua IGRA Provinsi Sumut dalam bentuk MoU. “ Ini menjadi sebuah kerjasama yang menguntungkan untuk Prodi kita yang sedang dalam proses akreditasi. Sehingga kita bisa mendapatkan bimbingan dan masukan dari beliau untuk proses akreditasi nantinya.” Ungkap Kholidah.

Dalam acara tersebut Ketua Himpunan Pengajar Anak Usia Dini (HIMPAUDI) turut memberikan kata sambutan. Beliau mengharapkan agar nantinya materi dan motivasi yang disampaikan oleh narasumber dapat diaplikasikan dalam perkuliahan maupun praktek lapangan. Serta mampu membangun generasi unggul calon guru anak usia dini di STAIN Madina.

Seminar dibuat dalam konsep berbeda, beralaskan tikar dan penuh permainan menjadikan seminar ini bagaikan miniatur Raudhatul Athfal. Berbagai materi dan motivasi disampaikan penuh semangat. Tarian daerah dari sanggar tari HMPS PIAUD dan penampilan grup band menambah kemeriahan acara. Sebagai penutup acara, penyerahan cendera mata dan foto bersama menjadi penambah momen kebersamaan.

Sebagai informasi, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua IGRA Kabupaten Madina, HIMPAUDI Kabupaten Madina, pengawas Raudhatul Athfal dari Kemenag Kabupaten Madina, Kepala Sekolah beserta majelis guru TK/RA se-kota Panyabungan, dosen dan mahasiswa Prodi PIAUD. 

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :