Berita / Kampus

Tingkatkan Pelayanan Kampus, UPT Perpustakaan STAIN Madina Teken MoA Bersama BPS Mandailing Natal

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Maret 2023


Panyabungan - Jum'at, 17 Maret 2023. UPT Perpustakaan STAIN Mandailing Natal bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mandailing Natal melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoA), kerjasama ini merupakan bentuk komitmen BPS untuk membantu kebutuhan mahasiswa terkait layanan statistik baik berupa data, publikasi, mikro data maupun konsultasi data, kegiatan berlangsung di Ruang Ketua STAIN Mandailing Natal, Jum'at (17/03).

Hadir dalam kegiatan Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Irma Suryani Siregar, MA, Kepala UPT Perpustakaan STAIN Mandailing Natal Ahmad Asrin, S.Ag., M.A, Pustakawan STAIN Madina Siti Aisyah Batubara, S.Sos, BPS Kabupaten Mandailing Natal Agus Frits Fahridws Damanik, S.ST, M.Si. ditemani seorang anggotanya.

Dalam acara tersebut Dr. Irma bersama Kepala UPT Bahasa STAIN Madina menyambut dengan hangat rombongan BPS Mandailing Natal. Kerjasama ini di awali dengan bincang-bincang seputar butir kerjasama yang telah disepakati sebelumnya.

Dr. Irma berharap dengan kerjasama ini dapat memberikan ruang bagi mahasiswa untuk lebih mengenal seputar statistika dan dapat memanfaatkan Pojok Statistik yang lebih dahulu berdiri di Pustaka STAIN Madina.

Ahmad Asrin menambahkan bahwa Kerjasama ini ditempuh agar setiap mahasiswa dengan mudah mendapatkan informasi bagi penelitian mereka. Sebagai Kepala UPT Perpustakaan beliau mengatakan bahwa mahasiswa sangat membutuhkan pengetahuan yang bersifat praktis seputar statistik. Karena itu menjadi kendala apabila mahasiswa tidak mengetahui dengan jelas bagaimana memanfaatkan data statistik melalui berbagai media yang dimiliki oleh BPS.

Sementara itu BPS Mandailing Natal, Frits Fahridws Damanik menyampaikan hal senada bahwa  data hasil statistik sangat dibutuhkan juga untuk kajian ilmiah dan penelitian, bahkan apa yang dihasilkan oleh BPS berguna bagi peneliti dan para akademisi, hal tersebut dapat dilihat dalam profil layanan statistik tahun sebelumnya yang menyebutkan bahwa pengguna layanan statistik terbesar adalah kalangan mahasiswa dan akademisi.

"bukan hanya mahasiswa, kedepannya kita juga akan buat sosialisasi atau workshop bagi para Dosen agar dapat mengakses data statistik yang diperlukan bagi buku, jurnal maupun karya ilmiah mereka lainnya. Kita akan bantu mahasiswa dan dosen lewat sosialisasi serta berbagi ilmu dengan memanfaatkan pojok statistik kita yang ada di Pustaka STAIN Madina" ucap beliau

Beliau juga menyampaikan bahwa BPS Mandailing Natal siap membantu civitas akademika STAIN Mandailing Natal yang membutuhkan bantuan seputar Statistik. Beliau mengatakan BPS mandailing Natal akan secara continue (seminggu sekali) menghadirkan anggotanya lewat Pojok Statistik.

Sebagai informasi, MoA berlangsung dalam nuansa kekeluargaan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dengan dibangunnya komitmen bersama dalam melayani masyarakat khususnya ranah akademisi.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :