Berita / Kampus

UKK KSEI IEI STAIN Madina Gelar Seminar Nasional Pasar Modal Bersama Bursa Efek Indonesia (IDX) Perwakilan Sumatera Utara

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 01 Maret 2024


Panyabungan - Jum’at, 1 Maret 2024. Bursa Efek Indonesia (IDX) Perwakilan Sumatera Utara bekerja sama dengan UKK KSEI IEI STAIN Madina menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Peluang Sukses Generasi Milenial Melalui Investasi pada Pasar Modal Syariah." Acara tersebut berlangsung pada hari Kamis, 29 Februari 2024, di aula STAIN Madina.

Seminar nasional ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada generasi milenial tentang peluang investasi yang terbuka melalui pasar modal syariah. Dalam era ekonomi yang terus berkembang, investasi pada pasar modal syariah menjadi salah satu opsi yang menjanjikan dengan prinsip-prinsip keuangan yang sesuai dengan hukum Islam.

Acara ini dibuka oleh Bapak Ketua STAIN Madina, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag. Tampak hadir pada pembukaan acara tersebut, Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan H. Dedisyah Putra, S.Pd. Ph.D, Ketua Prodi Manajemen Bisnis Syariah Andy Hakim, M.M, Sekretaris Prodi Ekonomi Syariah Faisal Rahmad, M.M, Kepala Koordinator Humas STAIN Madina Juli Ahmad, M.Pd.I.

Dalam sambutannya, Prof. Sumper Mulia menyampaikan kegembiraannya atas kerjasama antara STAIN Madina, IDX Perwakilan Sumatera Utara, dan KSEI IEI STAIN Madina dalam menyelenggarakan seminar nasional ini. Beliau menekankan tentang pentingnya memiliki pondasi pola pikir.

“Tidak ada yang terlantar kalau memiliki pondasi yang kokoh. Kesempatan yang sama bagi setiap mahasiswa, kita bangun pondasi itu agar dapat berkembang di manapun itu” ungkapnya.

Pemateri utama pada acara ini adalah Bapak Muhammad Pintor Nasution, Kepala 
Bursa Efek Indonesia Perwakilan Sumatera Utara. Beliau membawakan materi terkait perkembangan terkini pasar modal syariah di Indonesia, serta memberikan wawasan mengenai potensi dan keuntungan investasi bagi generasi milenial. 

Beliau juga mengatakan seminar ini diadakan sebagai bentuk komitmen IDX dan KSEI IEI STAIN Madina dalam meningkatkan literasi keuangan, pengenalan pasar modal, terutama di kalangan generasi milenial. Investasi pada pasar modal syariah tidak hanya memberikan keuntungan finansial, tetapi juga sesuai dengan nilai-nilai etika dan moral.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Muhammad Ali, sebagai Representative Officer di Bursa Efek Indonesia. Dalam presentasinya, Muhammad Ali membagikan pengalaman dan tips praktis bagi generasi milenial yang ingin terlibat dalam investasi pasar modal syariah. Dia membahas strategi investasi, pilihan instrumen keuangan syariah, dan bagaimana mengelola risiko investasi dengan bijak.

Selain itu, Ketua UKK KSEI IEI STAIN Madina, Meliani Firi mengharapkan dapat memberikan motivasi dan pengetahuan tambahan kepada generasi milenial untuk memanfaatkan peluang investasi di pasar modal syariah guna meraih kesuksesan keuangan di masa depan. “Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah acara sebesar ini dan berterima kasih kepada Bursa Efek Indonesia yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman dalam seminar ini," ujarnya.

Sebagi informasi, acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 mahasiswa STAIN Madina dari prodi ekonomi syariah, perwaklikan dari prodi-prodi lain serta dihadiri oleh beberapa bapak dan ibu dosen STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :