Berita / Kampus

BKM Masjid Baiturrahman STAIN Madina Meriahkan Bulan Ramadhan dengan Kultum dan Tadarus

Humas - 16 April 2021


Panyabungan - 16 April 2021. Pengurus BKM Masjid Baiturrahman membuat suasana pelaksanaan ramadhan 1442 H semakin menarik bagi civitas akademika STAIN Madina. Karena ada dua program yang diluncurkan untuk menghidupkan bulan suci ramadhan, yaitu Kultum dan Tadarus Alqur’an.

Bagian Dakwah BKM Masjid, Amrar Mahfuzh Faza, M.A., menjelaskan bahwa mereka menyusun beberapa agenda sebagai wadah bagi dosen dan mahasiswa STAIN Madina untuk mengisi keagungan bulan suci ramadhan dengan pelaksanaan Kultum dan Tadarus Alqur’an.

“kita dari bagian dakwah membuat jadwal kultum setiap selesai shalat zuhur, sedangkan kegiatan tadarus kita laksanakan setelah pelaksanaan shalat taraweh, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dan menjadi peluang amal untuk kita semua” ujarnya

Untuk diketahui bahwa pada ramdhan pertama, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., menyampaikan kultum dengan tema kemulian bulan suci ramdhan sebagai bulan diturunkannya Alqur’an.

Pada penyampaianya beliau menjelaskan bagaimana Rasulullah Saw memotivasi para sahabat untuk senantiasa mengisi bulan ramdhan dengan ‘amilu sholihat serta banyak berdoa. Diakhir penyampaiannya beliau juga mengatakan bahwa pada bulan ramadhan seluruh ibadah akan bernilai super disisi Allah Swt dengan kemuliaan bulan puasa tersebut.

Sementara itu, Dr. H. Kasman, M.A., pada ramadhan kedua menyampaikan betapa pun tingginya jabatan dan kedudukan seseorang, tidak akan mempunyai nilai apa-apa dihadapan Allah Swt, dan tidak akan membuatnya menjadi mulia, jika tidak dibarengi dengan ketaqwaan, dan salah satu amalan yang mengantarkan menuju ketaqwaan adalah berpuasa.

Pada ramdhan ketiga, Ahmad Asrin, M.A., menguraikan bahwa bulan ramdhan merupakan peluang emas untuk beramal, sehingga seseorang akan rugi besar jika tidak menyambut dengan baik misi yang dibawa oleh ramadhan itu, yaitu predikat taqwa kepada Allah Swt.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :