Berita / Akademik

UKM Seni Budaya STAIN Madina, Siap Berkarya dan Berinovasi

Humas - 10 Maret 2020


Selasa, 10/03/2020. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya adalah salah satu UKM yang baru saja diresmikan bersamaan dengan pelantikan pengurus DEMA STAIN Madina pada hari Minggu, 08/03/2020 lalu. UKM yang memiliki visi “Sebagai wadah dalam mengembangkan bakat dan kreatifitas mahasiswa yang unggul, moderat, dan inovatif dalam bidang Seni dan Budaya Islam di STAIN MADINA dan Kabupaten Mandailing Natal” juga telah resmi dilantik kepengurusannya.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S. telah melantik 7 orang Pembina UKM Seni dan Budaya beserta kepengurusannnya, bersamaan dengan pelantikan Pembina UKM dan UKK yang lain. Adapun Pembina UKM Seni dan Budaya adalah 7 orang dosen STAIN Madina yang mumpuni di bidangnya, yaitu : Pembina Bidang Seni Tari : Dina Syarifah Nasution, M.Pd. Pembina Bidang Kaligrafi : Edi Marjan Nasution, M.E, Pembina Bidang Theater : Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd., Pembina Cipta Lagu Islami : Hanifah Oktarina, M.Pd., Pembina Bidang Paduan Suara: Wahyu Fitrina Defi, M.Pd. Pembina Bidang Seni Nasyid : Siti Rahma Harahap M.A., dan Pembina Bidang Tilawah al-Qur’an : Hj. Zulpina, M.Pd.I.

Adapun Ketua Umum UKM Seni Budaya adalah Mahasiswa STAIN Madina, Rahmad Mulyadi Lubis, dan Sekretaris umum Reza Pahlevi. Sedangkan untuk masing-masing bidang diketuai oleh koordinator bidang.

 Ketua STAIN Madina, Dr. Torkis Lubis,D.E.S.S, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar UKM Seni dan Budaya STAIN Madina bisa berkarya di level Nasional, terlebih mahasiswa dan dosen PNS STAIN Madina memiliki kualitas yang sejajar dengan perguruan tinggi lain..

Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Kasman,M.A, juga selaku, selaku penanggung jawab UKM Seni dan Budaya menyampaikan perlunya UKM Seni dan budaya di STAIN Madina, yakni untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan kreativitas mahasisiwa di bidang budaya dan seni. UKM seni dan budaya diharapkan mampu membawa nama baik STAIN Madina dengan berbagai prestasi di bidang seni budaya.

Secara terpisah, Pembina seni kaligrafi, Edy Marjan, M.E. juga menyampaikan harapannya,” UKM Seni budaya adalah UKM yang akan menjaga dan melestarikan budaya daerah di Mandailing Natal, juga mengembangkan seni dan budaya Islam di Lingkungan STAIN Madina. Anggotanya adalah mahasiswa-mahasiswi kita yang berbakat dan sudah punya pengalaman dan prestasi di bidang masing-masing, seperti, Auliya Khoirunnisa, koordinator bidang Nasyid adalah mahasiswi yang telah berprestasi sebagai juara nasyid di tingkat provinsi, Begitu juga dengan anggota bidang tari, paduan suara, mereka juga sudah punya prestasi Tuturnya.

Saat ini UKM Seni Budaya juga sudah mulai menyiapkan anggotanya untuk mengikuti Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM ) tingkat Sumatera, yang akan di gelar beberapa bulan lagi di UIN imam Bonjol Padang.  UKM Seni Budaya STAIN Madina, dengan semangat baru akan tampil percaya diri, tidak hanya berpartisipasi, tetapi  optimis akan mendulang prestasi. Selamat atas pelantikan Pembina UKM seni budaya, Teruslah berkarya dan berinovasi. (Tim Humas)

Share To :