Berita / Kampus

UPT Perpustakaan STAIN Madina Jalin MoA dengan Pustaka Daerah Kabupaten Mandailing Natal dan UIN Syahada

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 03 November 2022


PANYABUNGAN- Unit Pelaksana Tugas (UPT)  Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (MADINA) menjalin kerjasama (MoA) dengan dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mandailing Natal dan UIN Syahada Padang Sidempuan, sekaligus menggelar acara Workshop dengan tema Mewujudkan Alumni STAIN Madina yang Berkualitas dan Memiliki Daya Saing, pada Kamis 03 November 2022.

Bertempat di Aula Gedung Lama STAIN Madina, mengundang  dua narasumber yakni, Yusri Fahmi S.Ag., S.S., M.Hum  dari  UIN Syahada dan Asnawati Nasution, SP perwakilan dari Perpustakaan Daerah Mandailing Natal yang dipandu oleh Ardina Khoirun Nisa, M.H

Tampak  hadir diacara tersebut  Wakil Ketua I STAIN Madina Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Dedisyah Putra, MA, didampingi oleh Kepala Perpustakaan STAIN Madina Ahmad Asrin, S.Ag.MA, dan seluruh para Ketua Prodi STAIN Madina serta para peserta Workshop dari kalangan mahasiswa STAIN Madina yang berjumlah 80 orang.

Disampaikan  Kepala Perpustakaan  STAIN Madina Ahmad Asrin, kegiatan ini disebutkan dengan kegiatan workshop literasi dan informasi bagi mahasiswa, yang bertujuan membekali para peserta atau  mahasiswa terkait pengayaan literasi dan informasi khususnya dalam meyusun dan menghasilkan sebuah karya ilmiah.

"Sehingga mereka nanti harapanya pada akhirnya akan menjadi alumni mempunyai kualitas dan memiliki daya saing di era 5.0. ini akan kita siapkan dengan SDM yang kuat supaya bisa dan siap menghadapi daya saing di tengah era yang sangat kompetitif,” sampainya kepada seluruh peserta workshop

Ditambahkannya, untuk peserta dalam acara ini  terdiri dari seluruh mahasiswa berbagai program studi di kampus STAIN Madina  yang jumlahnya kurang lebih puluhan orang. “Semua peserta berjumlah 80 orang. Masing-masing prodi itu mengutuskan 4 orang dari dua puluh prodi. Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan saya mewakili UPT perpustakaan STAIN Madina mengucapkan terimakasih kepada narasumber serta seluruh pihak yang mendukung ,” tambah Asrin yang juga sebagai kandidat gelar Doktor. 

Sementara itu, Waka I STAIN Madina Dedisyah Putra mengatakan,  acara ini menurut hematnya sangat penting. Karena, untuk  penulisan karya ilmiah mahasiswa wajib menggunakan daftar pustaka pada karyanya. Maka oleh karenanya karya ilmiah itu harus punya rukun. Rukunnya itu adalah daftar pustaka.

“Jadi nanti saya harapkan kedua narasumber akan  memberikan pencerahan terhadap kita,bagaimana cara menuliskan dafatar pustaka yang baik, cara mencari referensi yang relevan. Mudah-mudahan kita dapat informasi dari narasumber  yang luar biasa ini serta mahasiswa bisa memperoleh ilmu yang disampaikan untuk diterapkan didalam penulisan karya ilmiahnya yang credibel dan dapat dipertanggungjawabkan,”katanya.

Untuk diketahui,  acara ini dibuka oleh Waka I STAIN Madina  diakhir sambutannya, setelah itu acara dilanjutkan penandatangan nota kerjasama antara  Perpustakaan STAIN Madina dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten  Madina dan  Perpustakaan UIN Syahada.

Tidak hanya itu, diakhir acara, dilanjutkan dengan foto bersama, acara seminar ditutup dengan pemberian kenang- kenangan dan sertifikat kepada kedua narasumber sebagai bentuk apresiasi karena telah berbagi ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk mahasiswa  STAIN Madina.

Ayo semangat STAIN Madina Alih Status menjadi IAIN

 

Share To :