Berita / Kampus

UPT Perpustakaan STAIN Madina Sukses Gelar Seminar Literasi Kepustakaan

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 19 September 2023


Panyabungan - Selasa, 19 September 2023. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal sukses menyelenggarakan Seminar Literasi Kepustakaan pada hari selasa, 19 September 2023 bertempat di Aula STAIN Madina. Seminar ini bertemakan “Mewujudkan Alumni STAIN yang Produktif Kreatif Inovatif di Era Literasi Digital.”

Kepala UPT Perpustakaan Ahmad Asrin, S.Ag, MA selaku Ketua Panitia Seminar dalam laporannya menjelaskan bahwa Seminar tersebut diselenggarakan dengan maksud untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi menulis karya tulis ilmiah dan menguasai literasi bagi mahasiswa STAIN Madina menyongsong era digitalisasi teknologi dunia kepustakaan saat ini. Untuk meraih maksud tersebut panitia mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu : Donni Yudha Prawira, M.IKom (Pustakawan Senior UINMED Medan) dan Frits Fahridws Damanik, S.St, MSi (Kepala BPS Kab. Madina)

Ahmad Asrin menambahkan kegiatan ini dibiayai dari DIPA UPT Perpustakaan STAIN Madina dan diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dalam menghasilkan mahasisw yang berkualitas dan berdaya saing yang pada akhirnya menjadi alumni STAIN Madina yang kompetitif. Peserta pada seminar ini adalah mahasiswa STAIN Madina yang dibagi tiap program studi, masing-masing Prodi sebanyak empat orang, sehingga jumlah peserta keseluruhan adalah 80 orang mahasiswa. Selain itu juga mengundang dosen-dosen yang berminat mengikuti seminar ini sebab akan sangat bermanafaat karena narasumber cukup berkompeten di bidangnya yakni dunia literasi perrguruan tinggi.

Selain seminar, kegiatan ini juga dilakukan Launching Pojok STAISTIK, yaitu sebuah program Badan Staistik Nasional dalam hal ini kerjasama dengan STAIN Madina untuk memberikan layanan berupa penyediaan data dan literasi terkait Kabupaten Mandailing Natal. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoA yang pernah di buat antara UPT Perpustakaan STAIN Madina dengan Kantor BPS Madina bebarapa waktu yang lalu. Bentuk kegiatannya adalah penempatan petugas BPS setiap minggu selama 1 hari di Perpustakaan sebagai pelayanan dan konsultasi bagi kebutuhan penelitian baik mahasiswa ataupun dosen yang berhubungan dengan data penelitian seputar wilayah kabupaten Mandailing Natal. Lunching kegiatan ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua II Dr. H. Kasman mewakili Ketua STAIN bertempat di Perpustakaan STAIN Madina.

Pada Kesempatan lain, Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag menyambut baik penyelenggaraan seminar dan kegiatan Launching ini, beliau juga mendorong setiap Unit dil ingkungan STAIN Madina agar melakukan terobosan-terobosan untuk akselerasi mutu STAIN. Dalam bimbingan dan arahannya beliau meminta semua prodi di lingkungan STAIN Madina untuk care dan mendukung setiap program yang diluncurkan setiap unit untuk peningkatan mutu mahaswa dengan mengutus mahsiswa sesuai dengan alokasi yang ada. Lebih-lebih di era digital saat ini peran literasi kepustakaan menjadi sesuatu yang sangat urgen dalam konteks peningkatan kompetensi mahasiswa menyongsong era digitalisasi teknologi saat ini. Alumni STAIN kedepannya harus memiliki daya saing tidak bisa dianggap remeh oleh alumni PT lainnya, maka tidak ada pilihan lain maka kita harus menyiapkan kualitas alumni yang mempuni, pungkas beliau.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :