Berita / Kampus

UPT. TIPD dan Subbag Akademik STAIN Madina Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 22 Januari 2021


Panyabungan – Jum’at, 22 Januari 2021. Kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa atau disebut SIAM sukses dilaksanakan. Acara tersebut dihadiri oleh Dosen dan mahasiswa melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Sosialisasi SIAM ini menjadi penting karena seluruh unsur proses pembelajaran akan menggunakan aplikasi tersebut, seperti mencetak KHS dan KRS online, Nilai Transkrip Sementara online, Pengajuan Surat Keterangan Online hingga memberikan penilaian terhadap dosen dan pelayanan secara online.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., mengatakan sangat mendukung pengembangan dan penggunaan IT bagi dosen dan mahasiswa

“Saya sangat mendukung kemajuan STAIN Madina dibidang pengembangan IT khususnya aplikasi SIAM ini, karena dikemudian hari kita akan sangat membutuhkan data yang lengkap dan bisa diakses setiap waktu. Munculnya aplikasi ini membuktikan bahwa STAIN MADINA mampu bersaing dengan kampus lain dalam meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi” ungkap beliau

Sesuai dengan informasi dari TIPD, penggunaan aplikasi SIAM akan diberlakukan pada semester Genap 2021 mendatang yaitu tanggal 15 Februari 2021, sehingga mahasiswa dan dosen akan dituntut untuk melengkapi data dan melakukan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan fitur-fitur dari aplikasi tersebut, seperti absen online, mendownload silabus dan lainnya.

Ahmad Salman Farid, M.Sos sebagai Kepala UPT. TIPD menegaskan bahwa aplikasi SIAM sangat banyak membantu TIPD sebagai pusat data STAIN.

“Berjalannya aplikasi ini akan sangat membantu pangkalan data dalam menyiapkan Data Center menuju IAIN Madina, sebab kelengkapan data akan menjadi acuan baik buruknya suatu kampus. Kemudian, aplikasi SIAM ini membuktikan kepada kita, walaupun kampus baru tapi bisa bergerak melesat lebih cepat dalam pengumpulan dan pengolahan data serta beradaptasi dengan aplikasi-aplikasi terbaru." Tandasnya.

Dewasa ini, perguruan tinggi dituntut untuk berkembang dan beradaptasi sesuai dengan Era Digital 4.0. sehingga membutuhkan dukungan IT yang memadai agar terciptanya lulusan yang unggul, moderat dan inovatif serta terbentuknya manajemen administrasi yang lebih efektif dan efisien.

Untuk informasi, TIPD kembali akan menggelar kegiatan yang sama pada hari Senin, 25 Januari 2021 untuk seluruh mahasiswa dari seluruh program studi, karena penggunaan aplikasi SIAM ini bersifat Wajib dan mengikat bagi seluruh mahasiswa dan dosen.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :