Berita / Kampus

Workshop Pemanfaatan Teknologi Digital dan Peluang Bisnis Prodi Matematika STAIN Madina Sukses Digelar

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 25 September 2023


Panyabungan – Senin, 25 September 2023. Kegiatan Workshop Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pendidikan Matematika dan Peluang Ekonomis Prodi Tadris Matematika STAIN Madina berlangsung sukses. Acara berlangsung di gedung Prodi Baru STAIN Madina pada hari ini, Senin (25/09).

Pemateri pertama menghadirkan Dwi Ardy Dermawan, S.Pd., M.Pd beliau merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara, Medan yang memiliki kualifikasi di bidang teknologi dan media pembelajaran Matematika dan Pemateri kedua mengundang Siti Aisyah Hasibuan , M.Pd, selaku praktisi pendidikan.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Prodi Tadris Matematika Suadi, M. Pd dan dihadiri oleh Sekretaris Prodi Tadris Matematika Sahyoni, M.Pd beserta para Dosen dan mahasiswa Tadris Matematika, Tadris Biologi dan Tadris IPA.

Dalam paparannya, Suadi, M.Pd mengatakan bahwa Prodi Tadris Matematika merupakan Prodi baru di STAIN Madina. Acara Workshop Pemanfatan teknologi digital untuk pendidikan Matematika dan Peluang Ekonomis tersebut sesuai dengan tantangan zaman teknologi digital yang serba Artificial Intelligence (AI).

"Prodi ini masih tergolong baru, dan semangat kuliah yang ada harus sesuai perkembangan zaman. Acara ini sesuai dengan maraknya penggunaan teknologi digital dalam bentuk media sosial youtube, instagram dan lain-lain serta penggunaannya untuk pendidikan serta juga meraup peluang ekonomi yang ada di situ" tutur beliau.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa acara tersebut relevan dengan matakuliah yang menjadi distingsi dalam kurikulum Prodi Tadris Matematika.

"Acara pemanfaatan teknologi digital ini relevan dengan distingsi kurikulum prodi. Di mana semester satu ada matakuliah aplikasi komputer, semester dua ada matakuliah pembelajaran berbasis teknologii digital dan semester tiga ada matakuliah web design. Ini sudah sesuai perkembangan zaman. Nantinya, ini bermanfaat agar mahasiswa bisa memanfaatkan selain untuk belajar juga untuk membuka usaha seperti les privat, kelas online, mengajar online sepert Jerome Polin dan lain-lain lewat teknologi digital," katanya.

Sementara itu, Narasumber pertama Dwi Ardy Dermawan, S.Pd, M.Pd menekankan bahwa teknologi digital membuka solusi dalam pemecahan soal-soal Matematika dan bisa diakses oleh siapa saja.

"Ya, banyak aplikasi yang bisa digunakan bisa membantu pengerjaan soal Matematika seperti Geogebra, Math master, Poilymath, Microsoft mathematics, Math editor, auto math, Photomath, dan lain-lain,” ucapnya.

Narasumber kedua Siti Aisyah Hasibuan menambahkan bahwa teknologi digital juga berpeluang positif untuk mencari rezeki.

"Teknologi digital selain dimanfaatkan untuk komunikasi, sumber informasi, juga bisa buat kreatifitas dan peluang ekonomi, misalnya menjelaskan materi matematika dengan cara menyenangkan seperti dicontohakan dalam Youtube Nihonggo Mantappu, Ruang Tentor, di instagram ada cool math trick, funMathics bimbel. Kemudian bisa juga mmebuat e-book, kursus online, bisnis dropship, dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan antusias dan sukses dari seluruh dosen dan para mahasiswa yang berhadir. Ada tiga pertanyaan dari peserta ditujukan ke narasumber satu dan tiga pertanyaan juga ditujukan ke narasumber kedua.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :