Berita / Kampus

Dosen Prodi HKI STAIN Madina Sukses Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat

Humas - 18 Desember 2020


Panyabungan – Jum’at, 18 Desember 2020. Prodi Hukum Keluarga Islam STAIN Madina melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tempat yang dipilih adalah Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami di Mompang Jae, Panyabungan Utara.

Kegiatan ini berlangsung digelar selama dua hari (16-17/12/2020). Seperti diinformasikan sebelumnya, Prodi HKI telah melakukan pemetaan pengabdian dan membuat kelompok dosen untuk terjun ke masyarakat.

Kelompok PKM I, Dr. Dedisyah Putra, Lc., M.A., Ahmad Mafaid, M.H.I., dan Raja Ritonga, Lc., M.Sy., memilih Pon-Pes Abinnur sebagai lokasi pertama, mendapatkan sambutan antusias dari Pimpinan Pondok, Para Asatidz, serta Santri kelas 7 sebagai objek pengabdian.

H. Ahmad Saukani Hasibuan, Lc., Mudir Pon-Pes, mengatakan sangat mendukung dan siap menerima dosen Prodi HKI untuk melakukan kegiatan pengabdian dan lainnya untuk kemajuan umat islam.

“ahlan untuk Dosen Prodi HKI dari kampus STAIN Madina, santri kita sangat membutuhkan motivasi dan pelatihan-pelatihan keilmuan lainnya. Terutama santri kelas 7 ini, karena sebentar lagi mereka akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi” papar beliau

Kegiatan yang dirancang untuk fokus dalam penguasaan teori dan praktik ilmu mawaris ini berlangsung dengan sukses. Para santri dengan cepat dapat menyerap semua pemaparan dari ketiga narasumber. Metode Syajarotul Mirots yang disampaikan, mampu menguraikan dengan cepat rumit dan sulitnya persepsi santri terhadap ilmu mawaris atau faroidh.

Para santri dibimbing mulai dari teori sampai dalam bentuk aplikasi dan penugasan. Sehingga pada hari kedua, semua bentuk tugas dapat diselesaikan dengan baik. Mereka sangat merasa senang dengan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh dosen Prodi HKI tersebut.

Pada penutupan acara, H. Ahmad Yain, Lc., M.A., bagian kurikulum, mengatakan sangat berterimakasih atas kunjungan dan pengabdian yang telah dilakukan oleh Dosen STAIN Madina. Beliau berharap jalinan komunikasi tetap bisa tersambung.

“tentu kami sangat senang dan berterimakasih kepada dosen-dosen STAIN Madina, mudah-mudahan komunikasi kita semakin intens agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut kembali” kata beliau

Semoga seluruh agenda Prodi HKI dan Prodi lainnya berjalan dengan baik, sehingga kampus STAIN Madina semakin tersosialisasikan dan dirasakan kehadirannya oleh masyarakat luas.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

 

Share To :