Berita / Prestasi

Dirjen Pendis Gelar Rapat Koordinasi Pengelolaan EMIS PTKI, STAIN Madina Raih Sebagai Juara III Pemutakhiran EMIS

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 25 November 2021


Panyabungan – 25 November 2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengadakan rapat koordinasi Education Management Information Sistem atau yang lebih dikenal EMIS. EMIS merupakan sistem manajemen data pendidikan Islam yang berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam pada Kementerian Agama.

Selain kegiatan koordinasi, kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada PTKIN yang tercepat dalam pelaporan data EMIS pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. STAIN Madina sukses meraih sebagai juara III tercepat pemutakhiran EMIS pada PTKIN. Juara II diraih oleh IAIN Ponorogo dan Juara I berhasil diraih oleh IAIN Fattahul Muluk Papua.

Pada kesempatan itu, Dr. H. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd., sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mengatakan bahwa EMIS akan menjadi acuan data pada setiap kampus PTKI.

“saya mendorong agar EMIS ini menjadi acuan data yang akurat sebab pemutakhiran data merupakan kebutuhan dasar PTKI dalam menghadapi tantangan masa depan. Hal yang tidak kalah penting adalah data alumni yang merupakan output dari PTKI dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa” Ungkapnya

Selain itu beliau juga berharap bahwa acara digelar di The Sahira Hotel, Bogor, pada 24 s.d 26 November 2021 dapat meningkatkan kualitas, kesadaran dan ketaatan PTKIN se-Indonesia dalam memberikan update data EMIS demi kemajuan serta kelengkapan data valid.

Kepala UPT TIPD STAIN Madina, Ahmad Salman Farid, M.Sos., mengatakan bahwa kesuksesan STAIN Madina dalam pengerjaan EMIS berkat kerjasama dari semua lembaga yang ada di kampus STAIN Madina.

“tentu perolehan ini dapat kita capai karena kerjasama yang baik dari semua unit yang ada” papar beliau

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresiasi kepada TIM UPT TIPD STAIN madina atas perolehan sebagai juara terbaik III dalam pengerjaan EMIS. Beliau berharap bahwa hasil tersebut bisa ditingkatkan untuk waktu yang akan datang.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :