Berita / Kemahasiswaan

Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu, Prodi PAI Gelar Research Camp Selama 3 Hari

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 29 Mei 2023


Panyabungan - Senin, 29 Mei 2023. Untuk membekali Mahasiswa diranah penelitian sekaligus memotivasi mereka dalam penyelesaian studinya, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Mandailing Natal gelar Research Camp dengan tema “Melalui Research Camp, Hadirkan Mahasiswa Melek Publikasi”. Pembukaan acara ini  diadakan di Aula Gedung Baru STAIN Mandailing Natal pada Senin, 29 Mei 2023.

Berlangsung selama 3 hari mulai hari Senin, 29 Mei hingga Rabu, 31 Mei 2023, pelatihan ini menghadirkan 3 narasumber berkualitas dari tiga kampus yang berbeda, diantaranya: Dr. Arifmiboy, S.Ag, M.Pd (Dosen UIN Syekh Jamil Djambek Bukittinggi), Dr. Sahkholid Nasution, M.A (Dosen UIN Sumatera Utara) dan Dianto, M.Pd (Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Syamsiah Depalina Siregar, M.Pd, sekretaris prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Mandailing Natal sekaligus ketua panitia acara menyampaikan bahwa kegiatan ini dirancang sebaik mungkin sebagai langkah penguatan bekal bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Salah satu upayanya adalah dengan mengadakan penjaringan peserta melalui proses seleksi dan ada syarat khusus untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

“Kita berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan suntikan motivasi kepada mahasiswa untuk bisa lulus tepat waktu. Output kegiatan ini adalah adanya rancangan penelitian dari peserta kita yang nantinya akan kita review kembali di bulan berikutnya agar rancangan mereka tersebut sudah dalam bentuk proposal skripsi,” ungkap beliau

“Kita akan terus dampingi mahasiswa agar dapat menyelesaikan studinya.” Lanjutnya.

Dr. H. Kasman, M.A, Wakil Ketua 2 STAIN Madina hadir pada pembukaan kegiatan tersebut sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau sangat bangga atas terwujudnya Research camp ini, walaupun fasilitasnya terbatas namun dapat dilaksanakan dengan optimal.

Dalam sambutannya beliau berpesan kepada mahasiswa untuk tidak mencari cara instan dalam menyelesaikan tugas akhirnya, sehingga mahasiswa perlu mengikuti setiap tahapan dalam penelitian itu agar mereka mengetahui bagaimana cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar.

“Dalam ranah akademik, penelitian sangat penting karena merupakan bagian dari Tridharma perguruan tinggi. Hal ini juga berlaku kepada para dosen.” ucap beliau.

Di akhir penyampaiannya, beliau mengatakan Research camp ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi keluh kesah mahasiswa yang akan menghadapi tugas akhir.

Sebagai informasi, kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa PAI semester 6 dengan jumlah peserta sebanyak 55 orang. Pada pembukaan tersebut juga dihadirkan penampilan solo dan ice breaking dari para panitia.

Ayo Semagat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :