Berita / Kampus

Dosen STAIN Madina Berikan Pelatihan Multi Disiplin Keilmuan di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan Sipiongot Paluta

Humas - 09 Februari 2021


Panyabungan - 09 Februari 2021. Sejumlah dosen STAIN Madina memberikan Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat di Pondok Pesantren Darussalam Parmeraan di Padang Lawas Utara. Kegiatan pelatihan dan pengabdian dikemas dalam bentuk seminar umum, talkshow dan klasikal.

Acara yang berlangsung selama empat hari ini (6 s.d 9/2/2021), dihadiri oleh seluruh santri/wati dan tenaga edukatif Pon-Pes Darussalam Parmeraan.

Pada pelaksanaan rangkaian seluruh kegiatan, dosen STAIN Madina yang menjadi narasumber adalah Muhammad Ikbal, M.P.d.I., Parulian Siregar, M.P.d.I., Akhyar Pulungan, M.H., Suryadi Nasution, M.Pd., Raja Ritonga, Lc., M.Sy., dan Ust. Khairil (Pakar Tibbun Nabawi/Bekam)

Seluruh santri Darussalam yang berjumlah lebih kurang 1500 orang dibagi menjadi empat kelompok besar dan ditambah satu kelompok khusus tenaga edukatif (Ustadz/Ustadzah). Masing-masing kelompok dipandu oleh semua dosen secara bergantian.

Adapun jenis pelatihan yang diberikan adalah berupa metode tahfidzul qur’an, cara cepat memahami ilmu mawaris, motivasi belajar, konsep kurikulum, bekam dan lainnya.

Pada acara pembukaan (6/2/2021), Mudir Pon-Pes Darussalam, K.H. Abd. Efendi Ritonga, B.A., mengucapkan selamat datang kepada rombongan dosen STAIN Madina dan beliau berharap bahwa kehadiran dosen STAIN memberikan semangat baru kepada seluruh santri dan tenaga pendidik.

“kami ucapkan ahlan wa sahlan, anggaplah Pesantren ini seperti rumah sendiri, kita semua adalah berkeluarga, disini ada orang tua kalian, ada adek-adek kalian dan ada abang dan kakak kalian. Mudah-mudahan kehadiran ananda semua memberikan semangat baru untuk kami yang ada di pelosok ini” sambut beliau

Beliau juga menambahkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan merupakan hal yang sangat baru dan unik, sehingga seluruh santri dan guru-guru akan siap mengikutinya secara bersama-sama.

Pada penghujung acara (9/2/2021), Kepala Madrasah Darussalam, Ahmad Roisuddin Ritonga, S.S.I., M.Pd., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua STAIN Madina dan dosen-dosen STAIN Madina atas terselenggaranya kegiatan pelatihan dan pengabdian.

“terimakasih kami sampaikan kepada Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., telah berkenan mengambulkan permohonan kami untuk mendelegasikan dosen-dosen STAIN Madina sebagai narasumber dalam kegitan ini, dan terimakasih kepada bapak dosen yang menjadi narasumber, semoga membawa berkah untuk kita semua” kata beliau

Dalam kesempatan ini, dosen-dosen STAIN Madina tidak lupa selalu menyempatkan untuk mensosialisasikan penerimaan mahasiswa di Kampus STAIN melalui jalur SPAN UM PTKIN. Kemudian, mereka juga menyampaikan perkembangan kampus secara umum dan seluruh program studi yang sudah beroperasi saat ini.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :