Berita / Kampus

Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag., Berikan Seminar Ilmiah di Kampus STAIN Madina; Tanamkan Spirit Kebersamaan

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 21 Mei 2022


Panyabungan – 21 Mei 2022. Dalam kunjungan Direktur PD Pontren, Dr. H Waryono Abdul Ghafur, M.Ag., ke kampus STAIN Madina, beliau memberikan motivasi dan berbagi pengalamannya kepada mahasiswa. Acara yang dikemas dalam bentuk seminar ilmiah ini bertajuk “mahasiswa berkarakter kreatif dan inovatif di era evolusi industri” (20/05/2022).

Dalam rangkaian acara, Dr. H. Kasman, M.A., sebagai ketua panitia memberikan ucapan selamat datang kepada Direktur PD Pontren. Beliau menyampaikan bahwa acara yang digelar merupakan bagian dari kegiatan akademik untuk para mahasiswa. Tujuannya supaya mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

Pada kesempatan itu, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., mengatakan bahwa STAIN Madina siap menjadi yang terdepan dalam pengembangan pendidikan.

“STAIN Madina merupakan kampus dengan muatan nilai agama yang kuat dan berkomitmen. Kita siap menjadi agen perubahan bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Mandailing Natal” papar beliau

Beliau berharap bahwa kedatangan Direktur PD Pontren dapat memberikan inspirasi dan dampak yang baik bagi mahasiswa dan instansi. Lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya agar peralihan status kampus STAIN Madina menjadi IAIN dapat segera terwujud dengan dukungan dari berbagai pihak.

“Kami berharap, kedatangan Bapak Direktur membawa Inspirasi dan dampak yang positif bagi kampus kita ini. Sesuai dengan pesan Gus Menteri dan Sekjen Kementerian Agama yaitu satukan langkah dalam mengelola lembaga kita ini. Kami semua juga siap menjadi agent of religion moderation.” Kata beliau

Mengawali kegiatan seminar, Direktur PD Pontren berharap bahwa semua civitas akademika STAIN Madina selangkah dan seirama dalam pengembangan kampus.

“kita perlu menekankan kepada setiap dosen, pegawai maupun mahasiswa untuk dapat berperan aktif sebagai juru bicara STAIN Madina dalam upaya pengembangan kampus kedepannya” ujarnya

“Kita harus mampu menjadikan berbagai media cetak, elektronik maupun media sosial sebagai alat promosi bagi instansi. Tanamkan spirit menghidupkan STAIN Madina, bukan sebatas hidup di STAIN Madina, membesarkan STAIN Madina, bukan cuma tumbuh dan besar di STAIN Madina” lanjut beliau

Kemudian beliau juga menyampaikan, bagaimana kinerja Volatiliti, Uncertainty, Complexity dan Imbiguity (VUCA). Yakni memandu kepemimpinan dan perencanaan strategi pengembangan instansi.

“Dalam menghadapi VUCA, yang mesti dilakukan adalah menetapkan tujuan atau pencapaian untuk hari ini, kalau sudah ada, mantapkan tujuan itu. Kita bisa mengikuti pola Rasulullah SAW dalam mengembangkan Islam, yakni membangun ukhuwah, wadah perkumpulan, SDM dan peradaban yang mumpuni. Kita akan mencapai kesuksesan apabila cita-cita dan ritme gerak relative sama” terang beliau

Lebih lanjut beliau juga menambahkan bahwa dengan kreatifitas secara otomatis akan tercipta peluang dan masa depan. Pentingnya tadabbur untuk memastikan setiap langkah yang akan ditempuh.

Acara yang dipandu oleh Ayu Meita Putri Siregar, M.Pd., dan Andy Hakim, M.M., ini berlasung dengan sukses, terlihat dari antusias para peserta dalam bertanya baik dari kalangan mahasiswa maupun dosen.

Sebagai informasi, selain mahasiswa kegiatan ini juga diikuti oleh dosen dan pegawai, turut hadir unsur pimpinan STAIN Madina, Ketua Senat, Ketua SPI, Wakil Ketua, Kabag AUAK, Kasubbag, Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, Kasi Pontren Kantor Kementerian Agama Wilayah SUMUT dan Kabupaten Mandailing Natal.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim Humas)

Share To :