Berita / Kampus

Dukung Program DWP Pusat, DWP STAIN Madina Adakan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis di Puskesmas Panyabungan Jae

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 Agustus 2022


Panyabungan-10 Agustus 2022. Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Madina mengikuti secara daring seminar IVA dan Sadanis beberapa waktu yang lalu. Kegiatan seminar tersebut bertujuan untuk memberikan informasi bahwa Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) sangat penting bagi kaum hawa.

Sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan tersebut, maka DWP Kementerian Agama melakukan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis diberbagai lokasi di seluruh Indonesia. Salah satunya di Puskesmas Panyabungan Jae untuk DWP STAIN Madina.

Seperti dikutip dari situs resmi itjenkemenag, Penasihat DWP Kemenag Eny Retno Yaqut mengatakan, acara ini digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti acara yang diinisiasi DWP Kemenag pusat. Sampai hari ini, tercatat ada 16,335 peserta yang sudah mendaftar,” ujar Eny Retno di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut, Eny Retno juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan tes IVA dan Sadanis, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI serta dinas atau suku dinas kesehatan di berbagai provinsi dan kabupaten/kota.

Pelaksanaannya dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag kabupaten/kota, kampus PTKN, atau di Puskesmas setempat. 

Sementara itu, Ketua DWP STAIN Madina, JWS. Rizki Sumper Mulia menjelaskan bahwa untuk tes IVA dan Sadarnis digelar secara bersamaan oleh Kantor Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

“Tes IVA dan Sadanis ini digelar secara bersamaan pada 10/08/2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri” jelas beliau

Sebagai informasi bahwa Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Masih keterangan Ketua DWP STAIN Madina, bahwa untuk daerah Mandailing Natal, pelaksanaan tes IVA dan Sadanis digelar di Puskesmas Panyabungan Jae dan diikuti oleh anggota DWP STAIN Madina serta masyarakat umum lainnya.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :