Berita / Kampus

Semarak Lomba dalam Rangka Perayaan Hari Anak Nasional dan HUT ke-79 RI di STAIN Mandailing Natal oleh DWP STAIN Madina

Admin Humas - 15 Agustus 2024


Panyabungan – Rabu 14 Agustus 2024, Dharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Mandailing Natal menggelar perayaan Hari Anak Nasional 2024 sekaligus memperingati HUT ke-79 RI dengan penuh semangat dan antusiasme kekeluargaan serta sportifitas yang luar biasa. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua STAIN Mandailing Natal, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag.  Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi segala kegiatan yang telah dilakukan oleh DWP STAIN Mandailing Natal.

"DWP STAIN Mandailing Natal bisa diibaratkan sebagai sebuah border bagi STAIN Mandailing Natal itu sendiri, sehingga semua kegiatan yang dilakukan DWP wajib kita support secara penuh", tegas beliau.

Prof. Sumper Mulia juga meng-highlight mengenai isu anak dan perempuan yang akhir-akhir ini terjadi. Beliau menyampaikan bahwa anak adalah aset negara yang sangat penting.

"Mereka akan menggantikan kita nantinya sebagai pemimpin dalam bidangnya masing-masing, sehingga pemberdayaan perempuan melalui kegiatan DWP terutama di STAIN Mandailing Natal merupakan sebuah awal dalam usaha mempersiapkan aset yang sangat berharga ini", ujar beliau.

Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa negara yang kuat dapat dilihat dari perempuannya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan STAIN Mandailing Natal, Ny. JWS. Rizki Sumper Mulia, dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Ketua STAIN Mandailing Natal yang senantiasa memberikan dukungan moril maupun materil pada kegiatan DWP STAIN Mandailing Natal selama ini.

Dalam kesempatan ini, beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pimpinan Bank BSI Cabang Panyabungan atas donasi dan dukungan yang diberikan demi terselenggaranya acara ini.

Ny. JWS Rizki menegaskan bahwa acara perlombaan ini bukan hanya untuk bersenang-senang saja, melainkan juga bertujuan untuk mengeratkan silaturahmi dan ikatan kekeluargaan serta persatuan di antara anggota DWP STAIN Mandailing Natal dan juga keluarga besar STAIN Mandailing Natal, sembari meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap anak-anak,  serta rasa  nasionalisme terhadap Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

Beliau mengingatkan agar panitia senantiasa bijak memilih dan menyelenggarakan aneka lomba yang edukatif,   yang tidak hanya semata-mata bersifat hiburan,  melainkan juga sarat makna dan mengandung nilai-nilai edukatif.

"Kita tidak sekadar bersenang-senang. Sekalipun ini lomba, harus tetap bermakna bagi kita semua. Mari kita bijak memilih jenis lombanya, yang memiliki nilai edukasi, tidak melanggar norma adab dan kesantunan. Di samping meningkatkan rasa cinta kepada ananda serta rasa nasionalisme kepada bangsa dan negara tercinta,  semoga kegiatan ini juga bisa meningkatkan silaturahmi dan ikatan kekeluargaan di antara kita", pungkas beliau.

Ny. Martina Ayu Hasan Sebyar selaku ketua panitia melaporkan bahwa ada 5 cabang lomba untuk Ibu dan 5 cabang lomba untuk anak yang sudah di persiapkan dengan maksimal oleh panitia kegiatan. Untuk anak ada perlombaan: Bayi Merangkak; Anak Mandiri; Memindahkan Bola, Memecahkan Balon dengan Kaki dan Menyusun Puzzle.  Perlombaan ini semua bertujuan untuk merangsang psikomotorik halus dan juga kasar pada anak.

Adapun jenis  perlombaan untuk Ibu terdiri dari:  Estafet Sarung;  Make Up; Tutorial Hijab Syar"i; Tebak Kata; dan Petak Umpet

Perayaan Hari Anak Nasional 2024 dan HUT ke-79 RI yang diselenggarakan oleh DWP STAIN Mandailing Natal berjalan dengan penuh keceriaan dan semangat kebersamaan. Beragam lomba edukatif yang dihadirkan tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan di antara peserta. Kegiatan ini sukses membangkitkan rasa cinta dan perhatian terhadap anak-anak, sembari menanamkan nilai-nilai nasionalisme yang kuat. Semoga acara ini menjadi momentum untuk terus meningkatkan kebersamaan, mendidik generasi penerus, dan memperkokoh ikatan kebangsaan di masa depan.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :