Berita / Kampus

Kembangkan Kurikulum dan Kegiatan Akademik, Prodi MBS dan PS STAIN Madina Lakukan Benchmarking Ke FEBI UIN Yogyakarta

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 11 Juli 2023


Yogyakarta - Selasa, 11 Juli 2023. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Perbankan Syariah dan Hukum Pidana Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina) lakukan benchmarking ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA Yogyakarta). Agenda tersebut berlangsung di Ruang Dekan FEBI dan Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUKA Yogyakarta pada Selasa, (11/7).

Agenda acara benchmarking diisi dengan sambutan dari masing-masing pihak untuk menjelaskan tujuan dan harapan dari kegiatan ini. Kaprodi Perbankan Syariah STAIN Madina Arwin, MA dan KaProdi Manajemen Bisnis Syariah STAIN Madina Andy Hakim, M.M menyampaikan latar belakang dan tujuan dari benchmarking ini, yaitu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik dan mendapatkan wawasan baru dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan akademik.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan sesi dialog antara peserta benchmarking dari kedua belah pihak. Pertukaran informasi, pandangan, dan pengalaman berlangsung dengan lancar. Dekan FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Afdawaiza, S.Ag, M.Ag membagikan informasi program studi mereka, termasuk struktur kurikulum, metode pengajaran, dan penelitian dan pengalaman dalam menghadapi tantangan di bidang ini.

Dalam dialog tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas prodi Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah, seperti pengembangan kurikulum yang lebih terkini, peningkatan kerjasama, dan peningkatan pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, kami juga belajar banyak dari pengalaman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, terutama dalam hal penelitian dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam konteks akademik.

Setelah dialog selesai, acara benchmarking ditutup dengan pemberian cindera mata sebagai tanda terima kasih atas partisipasi dan kerjasama yang baik antara kedua belah pihak. Sesi foto bersama juga dilakukan sebagai kenang-kenangan dari acara ini.

Semoga kegiatan benchmarking ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi Program Studi Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah STAIN Madina dan juga bagi FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ayo Semangat STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :