Berita / Kampus

Kepala UPT Perpustakaan dan Pustakawan Lakukan Kunjungan ke UPT Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 21 Juli 2023


Panyabungan - Jum'at, 21 Juli 2023. Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pelayanan serta pengembangan kepustakaan pada UPT Perpustakaan STAIN Mandailing Natal melakukan kunjungan studi banding ke Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim pada hari kamis tanggal 20 Juli 2023.

Kunjungan yang terdiri dari Kepala UPT Ahmad Asrin, S.Ag, MA, pustakawan Siti Aisyah Batubara, S.Sos dan Muhammad Taufik, staf Perputakaan diterima langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Dr. H. Muhammad Tawwaf, SIP, MSi di ruang kerjanya beserta beberapa orang pustakawan dan staf UPT Perpustakaan UIN Suska.

Kepada Humas STAIN Madina Ahmad Asrin, S.Ag, MA menuturkan pentingya kegiatan studi banding (Benchmarking) ini sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan literasi para personil pengelola perpustakaan baik pustakawan maupun pegawai dan juga lebih dari itu untuk memupuk motivasi kerja yang lebih baik dengan melihat bagaimana manajemen di Perpustakaan Perguruan Tinggi seperti UIN Suska yang tentunya jauh lebih baik dan lebih maju. Disebutkan bahwa Perpustakaan UIN Suska sudah mengantongi predikat akreditasi A dari Perpusnas sejak tahun 2014 hingga saat ini bertahan dibawah kepemimpinan Ka. UPT Dr. H. Muhammad Tawwaf, S.IP. MSi.

Ka. UPT Perpustakaan UIN SUSKA menyambut hangat dan sangat mengapresiasi kunjungan STAIN Madina sebab dapat membangun silaturrahim dan berbagi pengalaman sesama pengelola perpustakaan. Kegiatan diawali dengan pertemuan di aula perpustakaan dan dilanjutkan dengan tukar menukar cendra mata kedua perguruan tinggi. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan tukar menukar buku karya ilmiah. UPT Perpustakaan STAIN Madina menyerahkan beberapa eksemplar buku referensi karya dosen STAIN antara lain buku kaya Dr. H. Kasman, MA, Dr. Hasan Sebyar, MA dan karya Dr. Muhammad Fadlan Is sebagai tambahan koleksi UIN Suska demikian juga UPT Perpustakaan menyerahkan beberapa buku karya dosen UIN Suska, berharap semoga bermanfaat.

Selanjutnya rombongan UPT Perpustakaan STAIN Madina diajak berkeliling melihat-lihat beberapa ruangan dan unit pengelolaan dalam perpustakaan hingga ke lantai 4 seperti ruang registrasi dengan sistem digital, ruang wifi/diskusi pemustaka, penataan buku dalam rak yang sangat rapi dst.

Ketua STAIN Madina Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag menyatakan mendukung setiap upaya-upaya positif dan kreatif untuk kemajuan setiap unit lebih-lebih Perpustakaan sebagai jantung perguruan tinggi. Kedepan kita akan memberikan perhatian lebih untuk kemajuan perpustakaan lebih-lebih di era digital ini perpustakaan harus mengikuti perkembangan dunia digitalisasi perpustakaan, tidak lagi bersifat manual konvensional, seiring modernisasi dalam semua aspek di era industri 4.0 bahkan sampai ke era Society 5.0 sekarang ini, sebut beliau.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :