Berita / Kampus

Ketua STAIN Mandailing Natal Hadiri Seminar Nasional Peringatan 1 Abad Nahdhatul Ulama

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 22 Mei 2023


Panyabungan - Rabu, 17 Mei 2023. Dalam rangka memperingati 1 abad, Nahdlatul Ulama mengadakan seminar Nasional yang bertemakan "Penguatan Peran Nahdlatul Ulama di Sumatera Utara" yang digelar di Pondok Pesantren Musthafawiyah, Purba Baru. Seminar ini menghadirkan tiga Narasumber sekaligus, yaitu H. Abdul Karim AB Nasution selaku Wakil Rais Syuriyah PCNU Kota Padang Sidimpuan, Dr. Erawadi, M.Ag, selaku Wakil Rois Syuriyah PCNU Kota Padang Sidempuan dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary Padang Sidempuan, dan yang terakhir adalah Warjio, Ph.D Dosen
USU/ Sekjen LPTNU Sumut.    

Prof. Hasratuddin Siregar selaku Ketua Panitia Seminar / LPTNU Sumut yang diwakilkan oleh Bapak Warjio, Ph. D dalam kata sambutannya berterima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta seminar karena telah menyempatkan diri untuk menghadiri seminar ini. Acara seminar ini resmi dibuka oleh Dr. Ir. H. Ifan Haryanto, M.Sc - Pengurus LPTNU PBNU dan memberikan sedikit memantik tema  seminar sebagai keynote speaker.

Pada kesempatan lain, Ketua STAIN Madina yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu diapresiasi sedalam-dalamnya. Beliau menyebutkan hal ini bisa menguatkan militansi santri maupun mahasantri untuk menjadi pewaris Nabi yang sesungguhnyha. Dengan bekal materi yang disuguhkan akan membuat mindset yang jauh lebih produktif demi kemajuan agama dan bangsa Indonesia.

"sangat kita pahami bahwa Indonesia lahir atas jasa para Ulama terdahulu, termasuk yang berperan penting adalah ulama NU. Jiwa patriot itu harus kita tanamkan kepada santri maupun mahasantri kita. Acara ini tentu memberikan dampak besar dalam menguatkan militansi generasi penerus kita agar lebih produktif demi kemajuan agama dan bangsa." ujar beliau

Kegiatan seminar ini berjalan dengan lancar dengan para Narasumber yang memberikan materi yang begitu inspiratif. Adapun peserta seminar tersebut adalah mahasiswa dari beberapa  Perguruan Tinggi yang ada di Sumatera Utara termasuk STAIN MADINA, UIN Syahada Padang Sidempuan,STAI PERTINU, Pengurus cabang NU, Muslimat NU, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, PMII, KOPRI PMII, serta turut hadir dewan Pengajar dari Musthafawiyah Purba Baru, Dosen STAIN  Madina, UIN Syahada Sidempuan, para 'alim ulama dan tokoh tokoh masyarakat lainnya. Tidak lupa sesi tanya jawab yang akan menambah pendalaman materi yang di sampaikan oleh Narasumber. setelah sesi tanya-jawab, acara seminar ini diakhiri foto bersama.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

Share To :