Berita / Akademik

Kunjungi Kemenag Mandailing Natal; Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Madina Siap Berikan Kontribusi Keseluruh Pondok Pesantren Di Madina

Humas - 30 Agustus 2020


Panyabungan - Rabu, 26 Agustus 2020. Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAIN Madina mengunjungi kantor Kementerian Agama Kabupaten Mandailing Natal. Kunjungan ini merupakan upaya menjalin silaturrahim, khususnya dengan Kasi Diniah dan Pontren. Ketua Prodi PBA, Syaipuddin Ritonga, M.Pd.  beserta dosen PBA lainnya disambut hangat oleh Kasi Diniah dan Pontren, H. Ikhwan Siddiqi, S.Ag, M.A.

“Maksud kedatangan kami adalah ingin bersilaturrahim. Selain itu, kami juga ingin mengetahui informasi seputar pondok pesantren yang ada di Madina. Kami berharap Kemenag Mandailing Natal melalui Kasi Diniah dan Pontren nantinya akan memberikan masukan kepada kami untuk melaksanakan pengabdian di beberapa pondok pesantren, sehingga kami dapat berkontribusi membantu meningkatkan kemampuan santri untuk mendalami bahasa arab.” Tutur Syaipuddin

H.Ikhwan Siddiqi, S.Ag, M.A. menyambut baik rencana dosen PBA STAIN Madina tersebut. Beliau  menjelaskan sistem dan kurikulum yang diterapkan pesantren di Madina. Beliau juga banyak memberikan informasi tentang peminat pesantren yang cukup tinggi, dan semangat orang tua memasukkan anaknya ke pesantren masih kuat. Ikhwan berjanji akan memberikan dukungan penuh dan menjembatani prodi PBA dengan pihak ponpes.

“Kami sangat mendukung dan menyambut baik niat bapak ibu dosen STAIN Madina yang akan meluangkan waktu untuk membimbing dan melatih para santri. Selain mengembangkan kemahiran  berbahasa arabnya, semoga nanti santri kita akan termotivasi  melanjutkan studi ke perguruan tinggi, apalagi dimotivasi oleh dosen-dosen muda yang tentunya sangat menginspirasi .” Tuturnya

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S, memberikan apresiasi dan dukungan kepada dosen di Prodi PBA. Beliau berharap bahwa program yang akan dijalankan memberikan manfaat untuk Pondok Pesantren di Madina dan kampus STAIN.

Kegiatan terjun ke ponpes dan Pengabdian masyarakat ini direncanakan dimulai semester depan, terjadwal, dan berkelanjutan. Setiap dosen akan memberikan pelatihan secara bergiliran. Ada 9 orang dosen di PBA yang membidangi bahasa arab dan akan memberikan pelatihan sesuai dengan kebutuhan para santri.

Semoga pengabdian ini kelak mampu memikat hati para santri, memilih melanjutkan studi ke STAIN Madina yang saat ini sedang bersiap menuju IAIN Madina. (Tim Humas)

Share To :