Berita / Kampus

Luar Biasa, Perdana UPT Pengembangan Bahasa STAIN Madina Adakan Simulasi Tes Toefl Dan Toafl Bagi Mahasiswa

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 18 Februari 2023


Panyabungan – Sabtu, 18 Februari 2023. UPT Pengembangan Bahasa STAIN Mandailing Natal secara ekslusif mengadakan simulasi test toefl bagi para mahasiswa STAIN Madina. Pelaksanaan test simulasi tersebut berlokasi di gedung serbaguna pada hari Jum'at (17/2).

Simulasi toefl ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari semua jurusan yang ada. Sekalipun secara resminya test toefl cuma berisi 40 pesert, namun pihak panitia mengatakan bahwa ini merupakan simulasi yang tujuannya sekaligus memperkenalkan kepada mahasiswa bagaimana proses toefl itu sendiri. 

Kepala UPT Pengembangan Bahasa STAIN MADINA, Dr. Titi Martini, M.H.I yang sekaligus menjadi ketua panitia acara tersebut mengatakan bahwa agenda ini sudah direncanakan sejak lama. Sekalipun ada planning penundaan karena mengingat sekarang masih di awal perkuliahan, namun semangat yang tinggi para anggota UPT Pengambangan Bahasa STAIN Madina menjadi motivasi terlaksananya kegiatan tersebut. 

"Saya sangat bangga atas kerja keras tim Pengembangan Bahasa STAIN Madina, yang mana mereka yang selalu mensupport hingga inisiatif ini dapat direalisasikan" ujar beliau.

Beliau juga berterimakasih kepada Ketua dan segenap unsur pimpinan STAIN Mandailing Natal atas segala bentuk dukungannya baik moril maupun materil. Beliau berharap kegiatan ini memberi efek positif bagi lembaga dan mahasiswa.

Selanjutnya, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali di STAIN Madina.

"kita baru 5 tahun secara resmi di negerikan dan baru tahun 2019 mulai menerima mahasiswa dengan status Perguruan Tinggi Negeri. Namun semangat dari tim Pengmbangan Bahasa STAIN Madina sangat perlu untuk kita apresiasi dengan membuat program simulasi ini" ucap beliau.

Beliau melanjutkan, simulasi dibuat secara formal dengan pendanaan dan regulasi dari kampus. Tujuannya supaya test ini sekaligus untuk mengukur kemampuan serta menguatkan kapasitas dan kapabilitas bahasa mahasiswa. Hal itu akan menjadi acuan bagi UPT Pengembangan Bahasa STAIN Madina untuk terus menggali potensi program unggulan lainnya.

"Hal ini sangat tepat kita laksanakan mengingat dalam dunia kerja sekarang, untuk melamar kerja juga ditanya mengenai sertifikat bahasa." Tambah beliau.

Di akhir penyampainnya, Dr. Dedi mengucapkan selamat mengikuti ujian kepada peserta test. Beliau berpesan agar peserta menjadikan simulasi ini sebagai wadah untuk mengukur diri secara jujur.

Sebagai informasi, ikut mendampingi kegiatan ini para Tim UPT Pengembangan Bahasa STAIN Madiina, diantaranya Sahyoni, M.Pd, Lia Agustina Damanik, M.Hum, Rahmi Wahyuni, M.Sos, Ria Rafita Supriani, M.Pd, Hanifah Oktarina, M.Pd, Bintang Rosada, M.Pd. Selain toefl untuk bahasa inggris, UPT Pengembangan Bahasa STAIN Madina juga mempersiapkan simulasi test toafl untuk bahasa arab yang akan dilaksanakan bulan depan. 

Ayo semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :