Berita / Prestasi

M. Hasan Sebyar, M.H., Dosen Prodi HKI Resmi Dilantik Sebagai Mediator Non Hakim di Pengadilan Agama Panyabungan

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 15 Februari 2021


Panyabungan – 15 Februari 2021. M. Hasan Sebyar, S.HI., MH., CM merupakan dosen di Prodi HKI STAIN Madina. Beliau telah resmi dilantik menjadi mediator non hakim di Pengadilan Agama (PA) Panyabungan. Pelantikan ini secara resmi dilakukan oleh Ketua PA Panyabungan, Hasanuddin, S.Ag.

Hadir dalam acara pelantikan itu Wakil Ketua PA, Risman Hasan, S.HI., MH., dan Sekretaris PA, Nazaruddin, SH. Pengangkatan Hasan sebagai mediator tertuang pada SK Ketua Pengadilan Agama Panyabungan Nomor : W2-A19/267.HK.05/II/2021 tentang Penunjukan Mediator Non Hakim di Pengadilan Agama Panyabungan.

Pada kesempatan itu, Ketua PA Panyabungan berpesan agar mediator non hakim dapat berkontribusi dan bersinergi untuk memberikan win-win solution dengan cara damai kepada para-pihak berperkara.

“kita sangat berharap bahwa mediator non hakim ini dapat memberikan kontribusi kepada setiap orang yang berperkara serta menawarkan win-win solution” ujar beliau

Masih menurut beliau, bahwa mengintegrasikan mediasi ke dalam proses beracara di Pengadilan dapat menjadi salah satu instrumen efektif mengatasi kemungkinan penumpukan perkara di Pengadilan.

Selain itu beliau menambahkan bahwa mediasi merupakan salah satu proses yang lebih cepat dan murah, serta dapat memberikan akses kepada para pihak yang bersengketa untuk memperoleh keadilan atau penyelesaian yang memuaskan atas sengketa yang dihadapi.

Untuk informasi, bahwa Hasan adalah satu-satunya mediator bersertifikat Mahkamah Agung di Mandailing Natal. Hasan mengatakan bahwa beliau sangat bersyukur atas amanah yang telah diberikan, dan beliau berharap dukungan dari rekan-rekan seprofesinya.

“Alhamdulillah, tentu amanah ini sangat besar tanggungjawabnya, saya berharap dapat bekerjasama dengan rekan-rekan yang mempunyai LBH atau praktisi hukum lainnya bersinergi untuk mengabdi kepada masyarakat” ujar Hasan

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., turut memberikan tahniah ucapan selamat atas amanah yang telah diemban. Beliau berharap pengalaman dan ilmu yang diperoleh dari PA Panyabungan dapat ditransfer kepada mahasiswa sebagi bahan diskusi.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :