Berita / Prestasi

Membanggakan, Dosen STAIN MADINA Terpilih Menjadi Panelis Pada Acara AICIS Ke-22 Tahun 2023

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 03 Mei 2023


Panyabungan - Rabu, 3 Mei 2023. Patut berbangga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina) atas terpilihnya dua orang dosen menjadi presenter pada acara bergengesi Annual Conference on Islamic Studies (AICIS) Ke-22 di Surabaya 2 hingga 5 Mei tahun 2023. 

Adapun dosen yang terpilih yakni, Fadlan Masykura Setiadi, M.Pd.I dengan judul paper The Existence of Dalihan Natolu in the Perspective of locality Fiqh as a Local Culture of Mandailing Community in Nurturing Religous Harmony in Mandiling Natal.

Aulia Rahman, M.Pd dengan judul papernya Global Citizenship of Indonesian Muslims as a Minority: Critical Discourse Analysis of the Book of Kiai Ujang di Negeri Kanguru by Nadirsyah Hosen. Kedua dosen tersebut merupakan Lecture Of Arabic Language STAIN Madina.

Sementara itu, dalam acara tersebut Ketua STAIN Madina Dr.H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag menghadiri langsung acara pembukaannya mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksanya acara terserbut.

"Saya mewakili STAIN Madina mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan acara AICIS di Surabaya tahun 2023, semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir dan memberikan manfaat serta sumbangsih kepada kita semua," katanya, Selasa 2 Mei 2023.

Ditambahkan orang nomor satu di STAIN Madina itu, juga menyampaikan terimakasih dan kebangaannya  kepada dosen yang terpilih dari STAIN Madina sebagai presenter di acara tersebut.

"Terimakasih kepada dosen kita yang telah memberikan kinerja yang membanggakan STAIN Madina berkat kerja keras kita dapat ikut serta dalam mengambil peran pada acara yang bergengsi ini," imbuh Dr. Sumper

Untuk diketahui, pelaksanaan AICIS ke-22 tahun 2023 ini mengangkat tema besar "Recontextualizing Fiqh for Equal Humanity and Sustainable Peace". Ini sebagai upaya menghasilkan rumusan agar praktik keberislaman terus relevan dengan kebutuhan global, khususnya dalam konteks kedamaian, keharmonisan, kesejahteraan kehidupan manusia, termasuk transformasi digital.

Selain itu, AICIS 2023 bertujuan untuk mengembangkan perspektif dan merumuskan konsep baru fikih terkait kemanusiaan universal, kemanusiaan digital, dan perdamaian global. Juga, mempromosikan best practices keberagamaan di Indonesia pada kemanusiaan universal dan perdamaian global.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN (Tim Humas)

Share To :