Berita / Kemahasiswaan

Mahad STAIN Madina Luncurkan Kegiatan Musabaqah KITABA; Mahasantri Sangat Antusias

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 17 Oktober 2022


Panyabungan – 17 Oktober 2022. Ma’had Jami’ah STAIN Madina secara resmi menggelar kegiatan musabaqah Kitab, Tahfidz, dan Bahasa (KITABA). Kegiatan tersebut diperuntukkan untuk mahasantri semester satu dan tiga.

Dalam sambutan Mudir Ma’had, Raja Ritonga, M.Sy., beliau menjelaskan bahwa kegiatan lomba yang digelar merupakan rangkaian dalam penguatan kegiatan para mahasantri di Ma’had STAIN Madina.

“kegiatan lomba ini adalah bagian dari penguatan program kita di Ma’had. Ananda para mahasantri dapat mengukur kemampuan dirinya masing-masing terkait sejumlah kegiatan kita” jelas beliau

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa prestasi akan dapat diukir oleh setiap mahasantri apabila dilakukan dengan serius dan istiqomah.

“ananda dapat meraih prestasi dan cita-cita kalian asalkan semua kegiatan Ma’had diikuti dengan serius dan istiqomah” lanjut beliau

Pada akhir sambutannya, Raja Ritonga, M.Sy., juga mengucapkan terimakasihnya kepda seluruh pimpinan yang memberikan dukungan untuk mensukseskan rangkaian acara musabaqah KITABA.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Irma Suryani Siregar, M.A., membuka kegiatan dan menyampaikan arahannya bahwa program yang digelar oleh Ma’had STAIN Madina tentu akan berdampak postif dan luar biasa menunjang prestasi mahasantri.

“Ini kegiatan sangat menunjang untuk prestasi akademik dan non akademik mahasantri” tegas beliau

Untuk diketahui bahwa kegiatan muasabaqah KITABA akan digelar pada 17-27/10/2022. Kegiatan yang berlangsung selama sepuluh hari ini akan diawali dengan perlombaan bidang bahasa inggris dan bahasa arab. Para mahasantri akan menjawab sejumlah soal yang sudah dikemas lebih mirip seperti soal tes TOAFL dan TOEFL.

Sedangkan lomba bidang qiroatul kutub, mahasantri akan diuji kemampuannya dalam membaca dan mendalami kitab-kitab fiqh yang sudah ditentukan. Adapun lomba bidang Tahfidz, mahasantri diuji kemampuan hafalannya.

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., memberikan apresiasinya kepada seluruh pengelola ma’had dan mahasantri agar terus berbuat dan berprestasi.

“terimakasih kepada Bapak/Ibu pengelola Ma’had atas kegiatan dan program yang dilakukan, mudah-mudahan ini langkah untuk mengantarkan kesuksesan mahasantri kita” ucap beliau

Sebagai informasi, bahwa kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh seluruh pengelola Ma’had STAIN Madina, Jannus Tambunan, M.H.I., Zulfikar, M.A. Tesol., Fauzul Fil Amri, M.Pd., Elva Mahmudi, M.H., Fadlan Masykuro, M.Pd., Isra Hayati Darman, M.Pd., dan Erna Dewi, Lc., M.A.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :