Berita / Kemahasiswaan

Mahasiswa Bidikmisi dan KIP STAIN Madina Ikuti Kegiatan Pelatihan Budidaya Jamur Tiram

Humas - 27 Januari 2021


Panyabungan – Rabu, 27 Januari 2021. Mahasiswa Bidikmisi dan KIP STAIN Madina mengikuti acara pelatihan kewirausahaan budidaya jamur tiram (23/1/2021). Kegiatan yang digelar oleh Binkamtibmas Polres Mandailing Natal ini bertempat di Gudang Jamur Tiram, Lintas Timur, Panyabungan.

Sesuai dengan penjelasan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Kohar, M.M., bahwa tujuan dilaksanakannya acara tersebut untuk membuka peluang usaha bagi mahasiswa untuk budidaya jamur tiram.

“kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka peluang usaha bagi mahasiswa kita, pengaruh Covid-19 ini banyak sekali sektor usaha yang terganggu, sehingga berakibat kepada ekonomi keluarga dan masyarakat, maka diharapkan agar Mahasiswa bisa ikut berperan dalam pengembangan budidaya jamur tiram ini” papar beliau

Acara wirausaha ini dibimbing oleh Aipda Timbul Rahayu, personil Polres Mandailing Natal. Beliau menjelaskan secara detail terkait peluang usaha pengembangan jamur tiram.

“saat ini, usaha jamur tiram sudah mulai mempunyai prospek yang bagus, karena masyarakat sudah banyak yang suka, sehingga peluang pasarnya untuk panyabungan sangat menjanjikan” ujar beliau

Selanjutnya beliau juga menguraikan secara teori dan praktik langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memulai membuka usaha jamur tersebut.

Aipda Timbul memberikan penjelasan dengan menarik, mulai dari bagaimana cara menyiapkan media tanamnya sampai dengan penanamannya, perawatannya bahkan cara panen dan pemasarannya dipandu oleh beliau.

Kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa STAIN Madina dan UNP ini sangat memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti seluruh penjelasan dari Aipda Timbul.

Salah satu peserta, Ainul Mardhiah, Mahasiswa Prodi BSA STAIN Madina mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk membuka cakrawala berfikir terkait memulai usaha.

“acara tersebut menimbulkan ide yang mungkin bagi sebagian orang tidak terpikirkan kesana, banyak pengalaman yang didapatkan dan gambaran usaha jamur tiram khususnya” kata Ainul

Sebagai tambahan informasi, Wakil Ketua I dan III STAIN Madina berupaya menjalin mitra dengan pengrajin atau pegiat usaha rumahan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP khususnya.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

 

Share To :