Berita / Prestasi

Mukhlis Lubis, Lc., M.A.,Dosen Prodi HES STAIN Madina Sabet 2 Sertifikat Kompetensi

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 29 Mei 2021


Panyabungan – 29 Mei 2021. Mukhlis Lubis, Lc., M.A., adalah dosen Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAIN Madina. Baru-baru ini, berhasil dinyatakan sebagai penulis dan editor nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Sesuai dengan informasi yang diterima, Mukhlis Lubis mendaftarkan diri ke  LSP PEP untuk mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi penulis dan editor. Penyelenggara yang berbadan hukum PT Penulis Editor Profesional dengan nomor  lisensi KEP.0135/BNSP/III/2019, yaitu organisasi yang didirikan oleh Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro) sejak tahun 2017.

Dosen yang akrab disapa dengan Mukhlis Tunis ini menceritakan bahwa dalam proses sertifikasi sebagai penulis harus memiliki minimal tiga karya dalam bentuk buku, sementara untuk sertifikasi editor mesti melalui uji kompetensi.

“Saya mengikuti sertifikasi penulis melalui skema portofolio karena kebetulan saya memenuhi syarat minimal telah menulis tiga judul buku solo sebelumnya. Buku-buku tersebut wajib dibawa saat kegiatan sertifikasi di depan asesor. Sedangkan pada sertifikasi editor, saya diuji menggunakan metode uji kompetensi” ceritanya

Masih dalam penjelasannya, beliau termotivasi mengikuti sertifikasi sebagai penulis dan editor karena ingin mengembangkan diri sebagai dosen dan penulis, sebab dalam beberapa administrasi yang ada tidak cukup hanya sekedar bukti fisik berupa karya namun harus memiliki legalitas.

“Namun seiring berjalannya waktu saya berpikir, di tengah masyarakat yang selalu mengedepankan formalitas, legalitas, dan bukti fisik untuk sebuah kompetensi, maka pada akhirnya saya memutuskan untuk ikut sertifikasi penulis dan editor tersebut” tuturnya

Keputusan dosen muda jebolan negeri Ibnu Asyur ini sangat tepat di tengah hingar bingarnya dunia penulisan saat ini. Setidaknya dampak dari gerakan literasi yang saat ini digiatkan oleh pemerintah, perguruan tinggi, organisasi profesi, dan berbagai komunitas membuatnya secara hukum diakui dan dilindungi.

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S sangat mengapresiasi prestasi tersebut. Beliau berharap, prestasi yang dicapai dapat memberikan manfaat untuk Prodi dan Instansi STAIN Madina.

Sebagai informasi, dua sertifikat berlogo garuda emas dengan barcode dan nomor seri serta segel hologram tersebut sangat bermanfaat untuk institusi dalam meningkatan kualitas dan akreditasi. Terlebih lagi, saat ini, STAIN Madina telah memiliki wadah penerbitan mandiri yang sudah beroperasi dengan baik, yaitu Madina Publisher yang dikelola oleh P3M STAIN Madina. 

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :