Berita / Kampus

P3M STAIN Madina Tandatangani MoA Antar LP2M UIN, IAIN dan STAIN se-Sumatera, Agendakan KKN Dunia Rumpun Melayu

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 06 April 2021


Panyabungan – 06 April 2021. STAIN Madina menghadiri acara Forum Koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN, IAIN dan STAIN se-Sumatera. Kegiatan ini digelar di Hotel Central Pekanbaru (31/03 s.d 1/04/2021).

Kegiatan digelar untuk menyamakan kesefahaman antar LP2M kampus PTKIN se-Sumatera. Selanjutnya dilakukan penandatangan beberapa poin kesefahaman antar lembaga.

Sesuai dengan keterangan M. Irsan Barus, M.A., bahwa salah satu yang akan dilaksanakan untuk waktu dekat adalah penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dunia Melayu se-Sumatera.

“untuk waktu dekat ini seluruh LP2M sudah membuat kesepakatan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kampus se-Sumatera atau rumpun melayu” paparnya

Pada acara pembukaan Prof. Suyitno menyampaikan bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus menghasilkan sesuatu yang luar biasa diera 4.0 ini. Setiap kampus juga harus mampu memberikan solusi bagi masyarakat.

Selain itu beliau menambahkan bahwa tantangan untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, para mahasiswa atau dosen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat PTKI, Dr. Suwendi, M.A., menyampaikan bahwa dalam waktu dekat PTKIN se-Sumatera akan mensukseskan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 sehingga perlu untuk mengembangkan kemoderasian dalam beragama.

Pada akhir penututannya, beliau menegaskan bahwa tema-tema KKN yang perlu untuk diangkat pada masa pandemic ini adalah KKN Moderasi Beragama, KKN Daerah 3T dengan mengangkat tradisi dan budaya lokal.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :