Berita / Kemahasiswaan

Pelepasan 510 Mahasiswa KKN STAIN Madina Tahun 2024, Peserta Terbanyak Sepanjang Sejarah

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 Juli 2024


Panyabungan - Rabu, 10 Juni 2024. Sebanyak 510 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Madina telah dilepas untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKN) Tahun 2024. Berlangsung di lapangan Gedung Lama STAIN Madina, acara pelepasan dibuka langsung oleh Wakil Ketua II bidang Administrasi, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. H. Kasman, M.A.

Pelepasan kali ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A, Kepala P3M Suryadi Nasution, M.Pd bersama jajarannya, serta seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bersama peserta KKN STAIN Madina 2024.

Dr. Kasman menyampaikan bahwa ini merupakan KKN dengan peserta terbanyak dalam sejarah KKN STAIN Madina. 

"Ini merupakan KKN dengan peserta terbanyak dalam sejarah KKN STAIN Madina". Ungkap beliau. 

Selanjutnya,  Dr. Kasman dalam arahannya berharap agar mahasiswa KKN STAIN Madina dapat menjaga adab berpakaian, tingkah laku dan berkomunikasi selama ber-KKN. Pesan beliau, mahasiswa KKN STAIN Madina dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di desa-desa tempat mereka ditempatkan.

"Kita berharap, KKN STAIN Madina menjadi sarana efektif bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari perkuliahan mereka." tuturnya.

Dalam laporan dari Kepala P3M sekaligus Ketua Panitia, Suryadi Nasution, M.Pd., disebutkan bahwa mahasiswa KKN STAIN Madina Tahun 2024 akan ditempatkan di 28 Nagari dan 5 Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat - Sumatera Barat.

"Mereka akan menjalankan berbagai program pemberdayaan masyarakat, seperti program keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi." terangnya.

KKN STAIN Madina Tahun 2024 mengusung tema "Moderasi, Kolaborasi dan Literasi" sebagai komitmen dalam mendukung pengembangan pemahanan yang moderat serta kolaboratif bagi kemajuan  masyarakat.

Disisi lain, Ketua STAIN Mandailing Natal Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag menyatakan bahwa tema ini diharapkan menjadikan mahasiswa contoh dan teladan dalam mempraktikkan Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Pelepasan mahasiswa KKN ditutup dengan seremoni serta iring-iringan kendaraan para peserta KKN sebelum mereka diberangkatkan ke desa-desa tempat penugasan mereka.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :