Berita / Kemahasiswaan

Pembekalan Mahasiswa KKL STAIN Madina T.A. 2021-2022; Jadilah Duta STAIN Madina Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 25 Juli 2022


Panyabungan – 25 Juli 2022. Untuk mengotimalkan persiapan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL), STAIN Madina laksanakan Pembekalan Mahasiswa KKL STAIN Madina angkatan ke-5 tahun ajaran 2021-2022. Acara yang  diadakan di Gedung Serba Guna STAIN Madina ini akan berlangsung selama 2 hari, yakni hari senin dan selasa (25-26/7).

Di hari pertama, pemateri yang diundang berasal dari Dinas Pengembangan Masyarakat Desa bidang Pemberadayaan Ekonomi Masyarakat Desa Kabupaten Tapanuli Selatan, Bapak Eddy Mudzajar Batubara, SP, M.Si. Untuk hari kedua, materi akan disampaikan oleh bapak Raja Ritonga, M.Sy, Koordinator Humas sekaligus ketua Ma’had Jami’ah STAIN Madina.

Dalam laporannya, Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Bapak Suryadi Nasution, M.Pd. mengatakan KKL STAIN Madina tahun ini merupakan KKL pertama yang diikuti oleh 13 prodi baru di STAIN Madina. Sebelumnya hanya prodi PAI dan prodi HES yang memiliki mahasiswa semester 6 keatas. Hingga totalnya,15 prodi yang akan mengikuti KKL tahun ini.

“Ananda sekalian merupakan sejarah kampus STAIN Madina, maka perlu untuk mencetaknya dengan tinta emas. Tunjukan potensi terbaik ananda, sehingga fungsi kita selaku agen perubahan dapat terlaksana dengan baik” ucap Suryadi

Beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan kegiatan KKL tahun ini, mulai dari laporan terkait jumlah mahasiswa dan desa yang menjadi bagian dari KKL STAIN Madina tahun 2022, hingga program kerja yang dapat dilaksanakan.

Kegiatan pembekalan peserta KKL tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ibu Dr. Irma Suryani Siregar, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau memberikan dorongan agar peserta memaksimalkan waktu untuk betul-betul fokus pada kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti program keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya.

"Kalian adalah duta STAIN Madina, jadilah sosok yang bisa membanggakan orang tua dan kampus kita ini, apabila program yang dibikin itu bermanfaat dan punya daya tarik yang tinggi, maka akan jadi nilai plus untuk kita semua.” Ujar Dr. Irma.

Beliau juga berpesan agar para peserta KKL terus membangun kedekatan dengan tokoh masyarakat setempat salah satunya dengan cara menjunjung tinggi norma yang berlaku.

"Tunjukan ciri yang menggambarkan kampus Islami, jaga etika moral, tutur kata, cara berpakaian dan sebagainya", imbuhnya.

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag memberikan pesannya kepada para mahasiswa agar memaksimalkan potensi masing-masing.

“jangan sia-siakan kegiatan pembekalan ini. Agar kedepannya dapat bermanfaat saat terjun di tengah masyarakat.” Pesan Dr. Sumper Mulia.

Sebagai informasi, acara dipandu oleh Ibu Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd, Dosen tadir Bahasa Inggris STAIN Madina dan Bapak Jureid, M.E.I. Sekretaris P3M serta didampingi oleh Bapak Zuhdi Hasibuan, M.Ag. anggota P3M STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :