Berita / Kemahasiswaan

Prodi Ekonomi Syari'ah Gelar Seminar Nasional Pengembangan Mutu dan Prospek Kerja Alumni di STAIN Madina

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 10 Oktober 2022


PANYABUNGAN-  Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal menggelar kegiatan Seminar Nasional dengan Mengangkat Tema “ Pengembangan Mutu & Prospek  Kerja Alumni Program Studi Ekonomi Syariah (Peluang & Tantangan), Senin, 10 Oktober 2022.

Bertempat di Aula Serbaguna Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, menghadirkan Narasumber yaitu bapak Dr. Kairil Anwar, M.A selaku ahli dalam bidang Metodologi Penelitian Ekonomi Syariah dan bapak Dr. H.SaifudinYuliar, Lc.M.Ag.Ph.D ahli pada bidang Jaminan Mutu Ekonomi Syariah, dihadiri langsung oleh Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal (Madina)  bapak Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag dan didampingi Wakil ketua III ibu Dr. Irma Suryani Siregar, M.Pd, serta seluruh para Dosen Prodi Ekonomi Syariah STAIN Madina.

Acara diawali kata sambutan dari Ketua Panitia, bapak Jureid, M.E.I, dalam kata sambutannya mengatakan bahwa, peserta seminar yang hadir pada hari ini merupakan mahasiswa dan alumni STAIN Madina yang berjumlah ratusan orang. “Kurang lebih sebanyak 130 orang yang menghadiri seminar hari ini. Kita harapkan semoga setelah acara ini dapat memberikan wawasan, tambahan ilmu, serta pengalaman kepada mahasiswa khususnya dan kita bersama umumnya. Bagaimana seorang alumni itu bisa menentukan arah serta rencana kedepannya. Jangan sampai nanti setelah menjadi alumni bingung arahnya kemana”  katanya.

Ditambahkan Jureid, yang juga merupakan Ketua Prodi Ekonomi Syariah juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari semua pihak sehingga acara seminar ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. “Kami ucapkan terimakasih kepada Ketua STAIN Madina, Wakil Ketua III, para Narasumber, bapak ibu Dosen, mahasiswa serta seluruh yang hadir pada hari ini yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan seminar ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua STAIN Madina, Sumper Mulia menyampaikan bahwa, ini salah satu bentuk proses dalam menjalani hidup, cakrawala akan terbuka apabila sering melakukan berdiskusi, sharing, dan bertukar pendapat. “Harus terbuka cakrawala berfikir kita, harus sering-sering berdiskusi dengan para orang tua kita, para pakar kita, para guru kita  dan para dosen kita. Karena dengan berdiskusi, bersilaturrahmi,  pintu rezeki, pintu pengalaman dan kesuksesan akan terbuka lebar kepada kita semuanya” sampainya. 

Hal yang paling penting ditegaskan orang nomor satu di STAIN Madina, Sumper Mulia Harahap adalah, bagaimana kesungguhan untuk menjadi manusia yang selalu eksis dan menumbuhkan kepercayaan terhadap diri sendiri. “Sesungguhnya, kunci dari kesuksesan itu, ada pada diri kita sendiri. Kami akan mendampingi, mengarahkan serta membuka kesempatan untuk sharing, sehingga kesuksesan itu akan ada pada kita” imbuhnya.

Pada akhir sambutannya, Ketua STAIN Madina sekaligus membuka secara resmi acara Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Prodi Ekonomi Syariah, dan setelah itu, acara dilanjutkan oleh penyampaian materi dari para narasumber.

Ayo Semangat ! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas).

Share To :