Berita / Kemahasiswaan

Prodi HES STAIN Madina Ajak Mahasiswa Menumbuhkan Cinta Rasul Pada Momen Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 04 November 2021


Panyabungan – 04 November 2021. Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAIN Madina telah sukses menggelar kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua III, Dr. H. Kohar, M.M., Ketua Prodi HES, Asrul Hamid, M.H.I., Sekretaris, Jannus Tambunan, M.H.I., Seluruh Dosen dan Mahasiswa Prodi HES serta perwakilan TIM Humas, Ayu Meita Puteri Siregar, M.Pd.

Mengawali kegiatan, Ketua HMPS HES, Yusuf Habibi menyampaikan bahwa acara yang digelar merupakan inisiatif mahasiswa dan dukungan dari dosen-dosen di Prodi HES.

“Alhamdulillah, acara ini dapat kita laksanakan berkat dukungan dari seluruh rekan-rekan mahasiswa dan dosen-dosen di Prodi HES” kata Yusuf

Sementara itu, Asrul Hamid, M.H.I., menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw merupakan momentum intropeksi diri terkait penguatan cinta kepada Nabi.

“kegiatan kita ini mengenang dan untuk menumbuhkan cinta kita Nabi Muhammad Saw, sehingga dengan cinta itu kita akan mendapatkan ridho Allah Swt” tutur beliau

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. H. Kohar, M.M., dalam sambutannya. Beliau mengungkapkan bahwa umat ini harus menjaga cinta kepada Nabinya.

“kita harus menjaga cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw. Karena beliau merupakan sosok teladan yang harus kita jadikan contoh dalam kehidupan kita sehari-hari. Tentu tanpa mengikuti sunnah beliau, kita akan semakin jauh dari nilai-nilai moral dan ketaqwaan” ujar beliau

Kegiatan yang dinakhodai oleh Anwar, mahasiswa HES ini menghadirkan narasumber dari Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam, Raja Ritonga, Lc., M.Sy.

Pada waktu memberikan ceramah, Raja Ritonga mengulas tentang bagaimana menumbuhkan cinta kepada Nabi Muhammad Saw. Beliau menguraikan bahwa bahwa cinta Rasul harus dimulai dari mengenal Sang Rasul itu terlebih dahulu.

“kalau kamu tidak mengenal seseorang bagaimana mungkin kamu bisa mencintainya dengan yakin. Nah, untuk mencintai Nabi Muhammad Saw atau Rasulullah, ya kamu harus kenali pribadi dan sosok beliau secara tuntas, baca sejarah dan siroh beliau” papar beliau

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa cinta kepada Nabi akan membuahkan cinta dan ridho dari Allah Swt. sehingga orang yang mencintai Nabi dengan tulus secara ototmatis akan mendapatkan cinta serta ampunan dari Allah.

Selain itu beliau juga menekankan bahwa amaliah mahasiswa dengan rajin kuliah serta menuntaskan tugas-tugas perkuliahan dengan jujur merupakan refleksi dari cinta Nabi. Karena Nabi mewajibkan umatnya untuk belajar dan mencari ilmu.

 Mahasiswa yang hadir sangat antusias dan menikmati ceramah yang disampaikan. Sebab, penyampaian ceramah diselingi dengan lelucon yang mengundang tawa audiens yang hadir.

Sebagai informasi, Seluruh rangkaian acara digelar di Aula STAIN Madina. Selain ceramah maulid, rangkaian kegiatan yang dirancang oleh mahasiswa ini juga menampilkan nasyid kretaif dan nasyid islami. Sebagai penutup, semua mahasiswa melakukan foto bersama dengan dosen HES.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :