Berita / Akademik

Prodi KPI STAIN Madina Siapkan Kurikulum Berdasarkan Kebutuhan Lapangan Pekerjaan

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 30 Maret 2021


Panyabungan – 30 Maret 2021 - Webinar tentang Penyesuaian Kurikulum Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam atau disingkat KPI membuahkan hasil yang signifikan (29/03/2021). Rencananya kurikulum tersebut akan diubah berdasarkan kebutuhan lapangan pekerjaan, standar KKNI, merdeka belajar dan kampus merdeka.

Turut hadir dalam acara ini, Dr. H. Mukti Bisri selaku kepala seksi mutu kurikulum PTKI Kemenag RI, Dr. Torkis Lubis, D.E.S.S., selaku Ketua STAIN MADINA, Dr. Mohamad Zamroni, M.Si selaku ketua DPP ASKOPIS Indonesia, Khoiruddin Faslah selaku Direktur Radio StartFM Panyabungan dan Marlina, MA selaku Plt. Ketua Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Madina.

Banyak kritik dan saran disampaikan oleh narasumber terkait kesiapan alumni dalam memasuki dunia kerja penyiaran. Penyusunan mata kuliah seyogyanya dimuat mata kuliah yang cocok untuk mengisi wawasan dan kompetensi lulusan KPI di masa depan.

Ketua STAIN Madina menyampaikan bahwa kegiatan Webinar ini sangat dibutuhkan dalam mendukung perbaikan kualitas pendidikan dan pengajaran. Terutama Prodi KPI yang baru muncul harus lebih banyak berakselerasi dalam meningkatkan mutu akademik dan lulusan.

Beliau juga menejelaskan bahwa revisi kurikulum KPI nantinya akan diperlukan juga untuk kebutuhan akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi.

Direktur Radio StartFM Panyabungan mengatakan kalau bisa sedari dini mahasiswa KPI STAIN MADINA sudah meniti karir di dunia broadcasting sehingga pada saat lulus nanti sudah siap pakai dalam menghadapi tantangan kerja dan bersaing di industri penyiaran.

Semoga Program Studi KPI mendapatkan mahasiswa yang banyak dan berhasil meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan KPI di STAIN Madina.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :