Berita / Kampus

Prodi Manajemen Dakwah & HMPS Melaksanakan Seminar dan Bedah Buku

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 14 Maret 2024


Panyabungan - Kamis, 14 Maret 2024. HMPS Manajemen Dakwah dan Prodi Manajemen Dakwah (MD) Mengadakan kegiatan seminar dan Bedah Buku di Aula STAIN Madina, Jum’at (08/03/2024) 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua HMPS dan Kaprodi Manjaemen Dakwah STAIN Mandailing Natal ini menjadi kegiatan perdana dalam menyambut bulan Ramadhan. Dalam sambutannya Ahmad Alfarizi menyampaikan kegiatan ini merupakan program kajian ilmiah intensif yang akan rutin dilaksanakan. “Kita sebagai mahasiswa harus berpikir idealis, karena sejatinya mahasiswa itu tidak jauh dari yang nama nya diskusi, semakin banyak kita diskusi semakin banyak ilmu yang kita dapatkan” ungkapnya.

Kegiatan ini  dihadiri oleh Ketua Prodi Manajemen Dakwah Dr.Datuk Imam Marzuki, M.A , Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) Nanang Arianto, M.A, Rahmi Wahyuni M.Sos selaku sekretaris Manajemen Dakwah,  Elismayanti M.A dan Yeni M.A sebagai Dosen Prodi Manajemen Dakwah.

Begitu juga kata sambutan dari ketua Prodi Manajemen Dakwah, beliau mengungkapkan, kajian bedah buku ini harus rutin dilaksanakan oleh mahasiswa. Jadikan organisasi HMPS ini sebagai “rumah kedua” bagi adik-adik mahasiswa untuk berkumpul berkreatifitas. Karena ini momentum bagi mahasiswa untuk menyumbangkan ide-idenya agar menjadi insan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Selanjutnya kegiatan seminar ini dengan  mengusung tema “Bulan puasa dalam perspektif sains” dengan pemateri Nanang Arianto MA, menyampaikan bahwa bulan Ramadhan Pembahasan tentang manfaat puasa sangat banyak, selain meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT “puasa juga merupakan senjata terkuat melawan segala penyakit, dan ini adalah bukti ilmiah yang permanen” Jelasnya.

“Maka perbanyaklah puasa, dan kamu akan mendapatkan perbaikan besar pada penyakit apa pun yang kamu derita. Sesungguhnya obat dari sebagian besar penyakit berada di dalam setiap diri kita. Semua dokter pada hari ini meyakini bahwa puasa adalah kebutuhan yang vital bagi setiap manusia, walaupun manusia tersebut terlihat sehat tubuhnya”tambahnya.

Setelah seminar dilaksanakan juga bedah buku dengan judul Jurnalis Nubuwat Media Sebagai Alat Perjuangan. Buku yang ditulis langsung oleh ketua prodi Manajemen Dakwah Dr. Datuk Imam Marzuki MA, dijelaskan beliau bahwa. Media kehadirannya sebagai pembawa pesan atau informasi. Sama juga dengan tugas seorang nabi, ia membawa pesan langsung dari Allah Swt kepada hamba dan pengiktnya. Allah SWT mengutus seorang Nabi dengan kriteria, siddik, tabligh amanah dan fathanah.  Begit mulianya fungsi seorang jurnalis, ia akan menyampaikan informasi kepada khalayak ramai dengan berita yang teruji dan berimbang.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim Humas)

Share To :