Berita / Akademik

Prodi MPI STAIN Madina Hadirkan Ahli Untuk Rancang Kurikulum MBKM

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 06 Juni 2021


Panyabungan – 06 Juni 2021. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Madina telah sukses menggelar workshop penyusunan kurikulum. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula STAIN ini, merancang model konsep kurikulum berbasis merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM).

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., membuka acara workshop dengan memberikan apresiasi kepada Prodi MPI atas inisiatif dalam menyelenggarakan penyusunan konsep kurikulum berbasis MBKM.

“model dan konsep kurikulum yang dirancang oleh Prodi MPI sangat membumi dengan kekinian di tanah air. Model MBKM sudah menjadi pola pengelolaan kurikulum kampus di tanah air. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk pengembangan Prodi MPI khususnya dan untuk STAIN Madina pada umumnya” tutur beliau

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa hasil rancangan kurikulum akan menjadi sebuah perubahan untuk kualitas yang lebih baik. Sehingga Prodi MPI STAIN Madina dapat berkompetisi dengan Prodi MPI di kampus lainnya.

Acara yang dimoderatori oleh Novebri, M.Pd., ini menghadirkan sejumlah narasumber yang sudah sangat familiar di bidangnya masing-masing. Yaitu, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd., Guru Besar Administrasi Pendidikan sekaligus Dekan FIP Universitas Negeri Padang, Dr. Zainal Arifin, M.S.I., Kaprodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus Sekretaris Umum PPMPI Indonesia dan Dr. Irma Suryani Siregar, MA., Kaprodi MPI STAIN Madina

Pada kesempatan itu, Prof. Rusdinal menjelaskan secara umum tentang merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM), selain itu beliau juga menekankan pada pengembangan kompetensi lulusan MPI dan kekhasan profil lulusannya.

“Prodi MPI harus memiliki kekhasan yang tidak dimiliki Prodi lainnya, sebab khas itu akan menjadi nilai jual bagi Prodi MPI itu sendiri” kata beliau

Sedangkan Dr. Zainal Arifin lebih spesifik menjelaskan impelementasi MBKM dalam kurikulum Prodi MPI. Kemudian beliau juga sharing pengalaman bagaimana penerapan MBKM itu sendiri di Prodi MPI UIN SUKA Yogyakarta.

Sementara itu, Dr. Irma Suryani Siregar, membahas secara umum tentang kurikulum Prodi MPI yang sudah berjalan. Beliau juga menguraikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk implementasi MBKM di prodi MPI STAIN Madina.

Sebagai informasi, bahwa workshop penyusunan kurikulum berbasis MBKM ini sebagai langkah awal untuk menjalin kerjasama Prodi MPI STAIN  Madina dengan Universitas Negeri Padang (UNP) dan Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dalam bentuk MoU dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dalam bidang yang lain termasuk bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini sejumlah unsur pimpinan STAIN Madina, Dosen Prodi MPI dan seluruh mahasiswa Prodi MPI.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :