Berita / Kampus

Prodi PBA Agendakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Ketua Prodi PBA, Syaipuddin Ritonga, M.Pd; Tugas Dosen Ada di Dalam dan Luar Kampus

Humas - 02 Desember 2020


Panyabungan – Rabu, 2 Desember 2020. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) kembali merencanakan agenda untuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dikemas sekaligus sosialisasi kampus STAIN Madina dan Prodi PBA kepada masyarakat luas.

Ketua Prodi PBA, Syaipuddin Ritonga, M.Pd menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu (22/11/2020) Prodi PBA baru menyelesaikan agenda pengabdian kepada masyarakat.

“tugas kita sebagai dosen ada di luar dan dalam kampus. Saat ini kita harus banyak keluar dan terjun ke masyarakat. Pengabdian dan sosialisasi STAIN dan Prodi PBA. Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui Prodi kita, bahkan kampus STAIN yang telah menjadi Negeri” kata Syaipuddin

Beliau juga menambahkan bahwa sebaiknya sosialisasi itu harus dilakukan sepanjang tahun, bukan ketika menjelang penerimaan mahasiswa baru saja.

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Izzur Risalah Panyabungan. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif dari Pimpinan Pondok Pesantren.

Waktu memberikan sambutan, K.H. Muhammad Safii Ruslan B.Sh, berharap agar Prodi PBA STAIN Madina bisa bekerjasama dengan Pesantren untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas bahasa arab santri serta mendorong untuk kemajuan Ma’had.

“kami sangat berharap kerjasama ini dapat terjalin dengan baik. Sehingga para santri dapat menyerap ilmu dari Bapak/Ibu dosen dari Prodi PBA STAIN Madina. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat kita laksanakan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan kita bersama” papar beliau

Tema Pengabdian pada kali ini adalah "Melejitkan Prestasi dengan Bahasa Arab". Rangkaian acara diformat dengan memberikan motivasi dan kiat sukses belajar bahasa Arab. Kemudian dilanjutkan dengan nonton bareng film-film yang menggunaka Bahasa Arab.

Seluruh santri terlihat sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya kegiatan ini. Salah satu santri yang bernama Abdullah Nasution, mengatakan bahwa sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

“sangat senang dengan kegiatan ini, meskipun pelatihannya sampai sore, kami tidak merasa bosan. Ustadz dan ustadzah yang dari STAIN baik dan mantab cara mengajarnya” kata Abdullah

Dalam kegiatan ini turut hadir Sekretaris Prodi PBA, Zulpina, M.Pd.I dan seluruh dosen Prodi PBA (Tauhid M.A., Aulia Rahman, M.Pd., Fadlan Masykura Setiadi, M.Pd., Isra Hayati Darman, M.Pd., Erlina, M.Pd., Ria Rafita Supriani, M.Pd)

Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., memberikan apresiasi kepada seluruh dosen di Prodi PBA. Beliau sangat mendukung agenda pengabdian dan sosialisasi yang telah dilaksanakan dan yang akan dilaksanakan kembali.

Untuk informasi bahwa Pesantren Izzur Risalah adalah salah satu Pesantren di Kabupaten Mandailing Natal yang mewajibkan seluruh santri/wati untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Arab di lingkungan Pesantren.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :