Berita / Akademik

Prodi TBI STAIN Madina Hadirkan Pakar dalam Acara Workshop Upgrading Kurikulum Critical Thinking dan Problem Solving

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 12 April 2021


Panyabungan – 12 April 2021. Program Studi Tadris Bahasa Inggris menggelar workshop Kurikulum. Kegiatan yang bertemakan Upgrading Kurikulum Tadris Bahasa Inggris dan Sinkronisasi Kurikulum Madrasah ini digelar di Aula STAIN Madina.

Pada acara pembukaan, Ketua Panitia, Ari Sahputra, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan workshop yang digelar oleh Prodi TBI merupakan perdana dalam hal pengembangan kurikulum.

“kegiatan workshop yang kita gelar ini merupakan perdana bagi Prodi TBI dan kami haturkan terimakasih kepada seluruh narasumber dan dukungan pimpinan” kata beliau

Sementara itu, Ketua Prodi TBI, Resdilla Pratiwi, M.Hum., memaparkan perkembangan Prodi TBI dan kurikulum Prodi yang sudah dijalankan.

“Prodi TBI STAIN Madina sudah mulai beroperasi sejak dua tahun yang lalu, dengan kurikulum yang sudah dilaksanakan tentu masih perlu pengembangan untuk penguatan kompetensi luaran prodi atau mahasiswa nantinya” kata Dila

Secara resmi acara dibuka oleh Wakil Ketua III, Dr. H. Kohar, M.M., beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop yang digelar oleh Prodi TBI patut diapresiasi, karena pengembangan kurikulum Prodi seyogiyanya diawali dengan kegiatan workshop.

“kegiatan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam penyusunan kurikulum TBI STAIN Madina, karena untuk perubahan atau pengembangan kurikulum membutuhkan ide dan gagasan dari para pakar” kata beliau

Acara yang dipandu oleh Fitriani, M.Pd., ini menghadirkan narasumber Pakar Kurikulum Bahasa Inggris, Prof. Dr. T. Zulfikar, S.Ag., M.Ed., Guru Besar UIN Ar-Raniry Aceh dan Dr. H. Ahmad Hidayatullah, M.Pd., Ditjen Pendis Kemenag RI.

Dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, H. Ahmad Gong Matua, S.Pd,. M.M,., mengatakan bahwa kurikulum adalah dasar awal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Sehingga beliau juga berharap mahasiswa Prodi TBI STAIN Madina dapat mengaplikasikan kompetensi berbahasa asing.

Pada kegiatan workshop ini, diharapkan penyusunan kurikulum Prodi TBI dapat disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman. Karena kebutuhan pembelajaran pada hari ini adalah critical thinking dan problem solving. Sehingga dapat menyelaraskan dengan kebutuhan mereka di dunia kerja dan kesuksesan dimasa yang akan datang.

Sebagai informasi, hadir dalam acara ini sejumlah Pimpinan STAIN Madina, Guru-guru Bahasa Inggris di Mandailing Natal, Para Stakeholder Kurikulum, Dosen TBI dan seluruh Mahasiswa Prodi TBI.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :