Berita / Akademik

Seminar Bahasa dan Sastra Arab Prodi BSA STAIN Madina Hadirkan Pakar Bahasa Arab dan Pemilik Puluhan Scopus

Raja Ritonga, M.Sy (Koord. Humas) - 28 Juni 2022


Panyabungan – 28 Juni 2022. Prodi BSA STAIN Madina menggelar seminar tentang bahasa dan sastra. Acara digelar di Ruang Serba Guna dan dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Dedisyah Putra, M.A.

Dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa bahasa sampai saat ini merupakan media paling efektif untuk melakukan komunikasi dalam setiap tingkatan dan komunitas.

“sangat kita apresiasi acara yang digagas oleh Prodi BSA ini, kita sepakat untuk mengakui bahwa bahasa merupakan skill paling efektif untuk menguasai dunia saat ini, apalagi di era society 5.0” papar beliau

Sedangkan Ketua Prodi, Khoirul Fuadi, M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar bertujuan untuk memperkuat kurikulum di Prodi BSA.

“kita berharap bahwa kegiatan seminar ini akan memperkuat kurikulum yang telah dirancang oleh Prodi BSA” tutur beliau

Dalam pelaksanaanya, narasumber yang dihadirkan merupakan pakar dalam penguasaan sastra arab , Dr. Sofyan Hadi, S.S., M.Ag., M.Hum., dan pakar metode pembelajaran bahasa arab dan pakar scopus, Dr. Mahyudin Ritonga, M.A.

Dr. Sofyan dalam penjelasannya menguraikan bahwa Al-Qur'an menghadirkan seni yang luar biasa. Al-Qur'an tersusun dalam gramatikal yg kompleks, namun tidak tunduk dalam gramatikal buatan manusia.

Sementara itu, Dr. Mahyudin menguraikan bahwa peluang untuk mempelajari bahasa arab dalam era society 5.0 mempunyai tantangan tersendiri. Banyak kemudahan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan fasilitas aplikasi dan internet.

Lebih lanjut beliau menguraikan, bahwa pembelajaran bahasa arab dengan memanfaatkan teknologi harus dimaksimalkan, karena upaya tersebut dapat memberikan manfaat kepada khalayak luas.

Beliau juga memotivasi agar dosen dan mahasiswa aktif untuk mempublikasikan tulisan dan karya lainnya, karena dengan publikasi yang dilakukan akan berpeluang untuk menjalin komunikasi dan berbagi dari komunitas akademik lainnya.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan antusias dari semua peserta, sejumlah pertanyaan dan diskusi menjadi hal menarik dengan jawaban dan trik dari kedua narasumber.

Sebagai informasi, bahwa kegiatan dihadiri oleh mahasiswa dari sejumlah Program Studi dan seluruh dosen BSA.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

 

 

Share To :