Berita / Prestasi

Seriusi Program Tahfidz Mahad STAIN Madina Lakukan Test Hafalan Mahasantri

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 20 Oktober 2022


Panyabungan – 20 Oktober 2022. Ma’had Al-Jami’ah STAIN Madina menggelar test hafalan mahasantri. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangkaian acara Musabaqah Kitaba yang digelar pada 17-27/10/2022 dan bertempat di Kantor Ma’had.

Dalam kegiatan tersebut, hafalan Alqur’an mahasantri ditest oleh Pembina Tahfidz Ma’had dan Musyrifah, Isra Hayati Darman, M.Pd dan Erna Dewi, Lc., M.A.

Lebih lanjut, dalam pelaksanaan test tersebut masing-masing mahasantri diminta untuk menyambung potongan-potongan ayat yang sudah disiapkan dan dibacakan oleh penguji.

“kita bacakan potongan ayat untuk disambung oleh mahasantri” jelas usth. Isra

Selain itu, penguji juga melakukan penilaian kefasihan bacaan atau kejelasan makhorijul huruf setiap ayat yang mereka bacakan.

Sesuai dengan penjelasan Mudir Ma’had STAIN Madina, Raja Ritonga, Lc., M.Sy., bahwa kegiatan yang digelar ini merupakan upaya dalam memetakan mahasantri dalam belajar tahfidz.

“ini upaya kita untuk melakukan pengelompokan mahasantri dalam belajar tahfidz” jelas beliau

Kemudian beliau juga menjelaskan bahwa program Tahfidz Ma’had menjadi perhatian khusus, karena mahasantri banyak yang berasal dari Pondok Pesantren dan sudah menyelesaikan hafalan.

“banyak di antara mereka yang sudah menyelesaikan hafalan 30 juz, tentu kita berharap bahwa hafalan tersebut jangan sampai hilang karena kesibukan kuliah. Kita akan bentuk komunitas tahfidz mereka” lanjutnya

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., memberikan apresiasinya dan dukungannya atas kegiatan yang telah dilakukan oleh pengurus Ma’had.

“kita akan membenahi dan menata semuanya, namun lakukanlah apa yang bisa dilakukan, berbuatlah untuk lembaga kita, terimakasih untuk pengurus ma’had” kata beliau

Sebagai informasi, kegiatan test bahasa Arab dan Inggris juga baru-baru ini telah dituntaskan oleh Pengurus Ma’had. Kegiatan tersebut menguji kemampuan bahasa mahasantri dengan mengerjakan soal-soal yang dikemas seperti TOFEL dan TOAFL.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :