Berita / Kampus

STAIN Madina Lakukan Uji Coba Pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk (SSE UM-PTKIN)

- 28 Juli 2020


Panyabungan -  Pada hari senin, 27 Juli 2020 Panitia Ujian Sistem Seleksi Elektronik  (SSE) UM-PTKIN STAIN Madina melaksanakan uji coba pelaksanaan teknis ujian sistem seleksi elektronik . Dalam kegiatan ini Ketua STAIN, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S, didampingi oleh Wakil Ketua I, Dr. H. Kasman, M.A,  dan Kepala UPT TIPD, Ahmad Asrin, S.Ag., M.A, memantau langsung terkait kelancaran pelaksanaan ujian pada tanggal 3 s.d 5 Agustus 2020.

Untuk  diketahui bahwa sistem masuk ujian Perguruan Tinggi pada tahun ajaran akademik 2020/2021 semuanya menggunakan online. Untuk uji coba ujian masuk  dengan Sistem Ujian Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN) dilaksanakan secara serentak di seluruh PTKIN mulai tanggal  23 s.d 29 Juli 2020.

Dr. H. Torkis Lubis, Lc, D.E.S.S menyampaikan bahwa uji coba ini dilakukan untuk mematangkan persiapan pelaksanaan ujian.

“Karena ujian sistem seleksi elektronik yang akan dilaksanakan ini baru pertama kali ya. Jadi, saya berharap agar panitia penyelenggara baik Penanggungjawab Teknis dan Penanggungjawab Ruangan serta para peserta benar-benar paham dan siap dalam pelaksanaan ujian yang sesungguhnya akan berlangsung tanggal 3 s.d 5 Agustus 2020”. Tutur beliau

Jadi, sesuai dengan penjelasan dari panitia SSE UM PTKIN STAIN Madina, bahwa sistem ujian ini dilaksanakan untuk pertama kali sesuai dengan Petunjuk Operasional Baku (POB) SSE UM-PTKIN yang dilaksanakan serentak secara nasional. Sistem ini bertujuan untuk menjaring mahasiswa-mahasiwa baru yang berkualitas.

Sedangkan pelaksanaan ujian pada tahun lalu masih gabungan sistem Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT), namun tahun ini sesuai kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam Kementerian Agama bahwa ujian dilaksanakan dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau online semuanya, tidak ada lagi menggunakan ujian tulis.

Dr. H. Kasman, M.A., menambahkan bahwa karena pandemik covid-19 masih ada di sebagian daerah, maka ujian yang seharusnya di ruangan dan dikoordinir oleh PTKIN Penyelenggara, akhirnya dilaksanakan secara online di rumah dan para  peserta menggunakan laptop atau handphone masing-masing.

Kepala UPT TIPD, Ahmad Asrin, S.Ag., M.A, menyampaikan bahwa pelaksanaan uji coba ini dimotori oleh tenaga-tenaga teknis IT antara lain Penaggungjawab Ruangan Muhammad Hasan Sebyar, M.H, Penanggungjawab Teknis Mukhtar Halim, S.Kom dan Sarah Wulandari, S.Sos. Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :