Berita / Akademik

Gelar Ujian Pola Presentasi; Prodi PGMI STAIN Madina Tekankan Teori dan Aplikasi Pembelajaran Harus Sesuai

- 07 Desember 2020


Panyabungan – Senin, 7 Desember 2020. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAIN Madina menyelenggarakan Ujian Tengah Semester (UTS) dengan pola presentasi. Dosen memberikan beberapa tema kepada mahasiswa, selanjutnya masing-masing mengambil tema untuk dijelaskan dihadapan para dosen dan rekan-rekannya.

Kegiatan ini mengharuskan mahasiswa untuk menyiapkan media pembelajaran agar bisa tampil dengan maksimal. Sebagian menggunakan presentasi dengan gaya ceramah, ada juga yang menggunakan metode interaktif seperti layaknya seorang guru.

Tampil dengan media sederhana, tetap terlihat bahwa mereka sangat lihai dalam menyampaikan tema yang sudah dipilihnya. Jadi, walaupun duduk di semester I, namun secara kualitas mereka menguasai betul materi yang disampaikan.

Ketua Prodi PGMI, Parulian Siregar, M.Pd., mengatakan bahwa sistem ini dibuat agar dapat membentuk jiwa-jiwa pendidik mahasiswa PGMI.

“ini salah satu upaya kita untuk membentuk jiwa seorang pendidik dalam diri mereka. Tidak hanya sekedar teori, namun aplikasi teori itu harus mampu diterapkan di depan kelas dan dihadapan orang yang dididik” kata Parulian

Pada kesempatan itu juga, Sekretaris Prodi, Ahmad Asrin, M.A., menyampaikan bahwa mahasiswa di Prodi PGMI sudah memperlihatkan bakat calon guru atau pendidik setiap kali ada kegiatan.

“Alhamdulillah kita sangat senang dan bangga dengan skill dan prestasi mahasiswa di Prodi PGMI ini. Mudah-mudahan dapat ditingkatkan” ujarnya

Untuk informasi, Prodi PGMI merupakan Program Studi baru dibuka di STAIN Madina, namun sangat banyak mahasiswa yang menjatuhkan pilihannya di Prodi ini.

Ayo Semangat! STAIN Madina menuju IAIN. (TIM Humas)

Share To :