Berita / Kampus

Internasional Office STAIN Madina Aktif Suarakan Optimalisasi Jejaring Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Pada Rapat Koordinasi Forum Rektor

Humas - 31 Maret 2021


Panyabungan – 31 Maret 2021. Wakil Ketua III STAIN Madina, Dr. H. Kohar, M.M., didampingi oleh Koordinator International Office (IO), Mukhlis Lubis, Lc., M.A., menghadiri Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama. Kegiatan ini digelar di Novotel Hotel, Bandung, Jawa Barat (29-31/03/2021). 

Sesuai dengan keterangan Mukhlis, bahwa rapat yang digelar merupakan perdana pada bidang kerjasama luar negeri. Banyak hal menarik yang diperbincangkan oleh para pakar dalam meningkatkan peran PTKIN di kancah internasional.

Ketua Forum Wakil Rektor Kerjasama dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., dalam sambutannya beliau mempertegas bahwa pentingnya action dan publikasi event kerjasama internasional. 

Pada kesempatan itu, Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., menyatakan bahwa kampus yang representatif adalah kampus yang memiliki jejaring internasional yang baik.

Pernyataan beliau diamini langsung oleh Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama PTKI Dirjen Pendis, Muhammad Adib Abdushomad,  M.Ag, Ph.D. Beliau juga berpesan,  bahwa PTKIN harus bisa berkolaborasi untuk mencapai kesuksesan bersama, bukan berkompetisi.

Pada sidang Komisi IO,  Mukhlis, menyampaikan bahwa STAIN Madina, walau masih seumur jagung, telah mampu membentuk IO internal. Bahkan, sudah menghasilkan MoU berskala internasional yang sudah diimplementasikan, baik dalam bentuk webinar dan publikasi karya ilmiah internasional bereputasi.

Pada kesempatan yang lain, Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri,  Drs. Mudhofir, M.Si, menyatakan bahwa Bidang Kerjasama Luar Negeri harus memahami dengan baik PMA No. 40 Tahun 2020.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, Kemenag akan melaunching Aplikasi Islamic Higher Education Services And Cooperation (IHESCo), yang akan membantu mempermudah, melaporkan dan mengecek tujuan dan manfaat MoU dan MoA PTKIN di bidang kerjasama.

Menanggapi hasil rapat koordinasi, Dr. H. Kohar, M.M., menyampaikan bahwa STAIN Madina harus mampu menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama luar negeri. International Office menurut beliau adalah leading sektor yang akan menarik daya tawar STAIN Madina pada sektor lainnya.

Beliau juga berharap seluruh dosen dan sivitas kampus jebolan luar negeri untuk dapat bersama-sama memberikan kontribusi dalam meningkatkan peran dan daya tawar STAIN Madina di kancah internasional.

Pada kesempatan yang lain, Ketua STAIN Madina, Dr. H. Torkis Lubis, D.E.S.S., sangat mendukung program-program bidang kerjasama, baik dalam dan luar negeri. Beliau menyampaikan bahwa dalam sebuah kesuksesan, yang diharapkan adalah super tim, bukan superman!

Sebagai infromasi, bahwa rapat koordinasi dihadiri oleh 70 peserta, terdiri dari Wakil Rektor/Waka Bidang Kerjasama dan Kelembagaan PTKIN, International Office, dan PIC UIN SGD Bandung.

Ayo Semangat! STAIN Madina Menuju IAIN (Tim HUMAS)

Share To :