Berita / Kemahasiswaan

Pembekalan Selesai, 510 Mahasiswa STAIN Madina Siap Mengabdi di Masyarakat Melalui KKN 2024

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 08 Juli 2024


Panyabungan - Senin, 8 Juli 2024. Sebanyak 510 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal siap diterjunkan ke tengah masyarakat untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2023/2024. 

Bebeda dari tahun sebelumnya, kali ini ada empat kategori peserta KKN STAIN Madina, 1. KKN Reguler, diikuti oleh 498 peserta yang terbagi dalam 55 kelompok dan berpusat di Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, para peserta KKN reguler akan disebar ke 28 Nagari di 5 Kecamatan; 2. KKN Moderasi Beragama dengan jumlah peserta 2 orang; 3. KKN serumpun berjumlah 4 orang dan; 4. KKN Khusus yang berjumlah 6 orang.

Sebelum diterjunkan ke lokasi KKN, para mahasiswa perlu mengikuti pembekalan yang dialksanakan hari ini, Senin (08/07/2024). Dengan mengusung tema "Moderasi, Kolaborasi dan Literasi", panitia KKN STAIN Madina mengundang Defi Irawan, S.Pd Selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Barat guna mempersiapkan para mahasiswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan program KKN secara efektif dan efisien.

Dalam sambutannya saat pembekalan mahasiswa KKN, Ketua STAIN Madina, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag., berpesan kepada para mahasiswa agar senantiasa menjaga nama baik almamater dan menunjukkan perilaku yang terpuji selama melaksanakan KKN.

"Saya berharap para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan di masyarakat dan berkontribusi nyata dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di desa-desa tempat KKN," ujar Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag.

Menjelang akhir acara, Suryadi Nasution, M.Pd selaku Ketua Panitia sekaligus Kepala P3M STAIN Madina memberikan arahan terkait teknis pelaksanaan dan pelaporan KKN STAIN Madina 2024. Beliau juga menekankan berbagai hal termasuk promosi STAIN Madina melalui Kartu yang telah dibagikan kepada peserta.

Sebagai informasi, pembekalan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Administrasi, Perencanaan dan Keuangan Dr. H. Kasman, M.A, Wakil Ketua bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Irma Suryani Siregar, M.A., panitia yang terdiri dari Zuhdi HSB, M.Ag., Idris, M.H., Dr. Nur Saniah, M.H.I., Lia Agustina Damanik, M.Hum., serta para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Acara dipandu oleh Ayu Meita Putri Siregar, M.Pd sebagai MC dan Dr. Faisal Musa, M.Pd sebagai Moderator.

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :