Berita / Kemahasiswaan

Prodi MPI Sukses Adakan Kegiatan Pekan Ilmiah, Riset Plus dan Ekstrakurikuler

JULI AHMAD, M.Pd.I (Koord. Humas) - 30 Juni 2023


Panyabungan- Jum'at, 30 Juni 2023. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN Mandailing Natal sukses mengadakan acara penutupan pada kegiatan pekan ilmiah, riset plus, dan ekstrakulikuler (Selasa, 27/06). Acara ini merupakan acara lanjutan dari acara pembukaan yang diadakan pada tanggal 16 Mei 2023. Dimana acara pembukaan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Ketua bidang Kemahasiswaan STAIN Madina yaitu ibuk Dr. Irma Suryani Siregar, M.A maka pada penutupan kali ini dilakukan oleh Kaprodi MPI yaitu ibuk Ainun Mardia Harahap, MA. cara ini dilaksanakan di Aula gedung lama Stain Madina yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa beserta dengan Dosen-dosen MPI.

Dalam acara penutupan ini, ibuk Ainun Mardia Harahap, M. A selaku Kaprodi MPI memberikan kata sambutan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program untuk menggali potensi yang ada dalam diri mahasiswa dan untuk mengasah kemampuan terutama bagi mahasiswa semester 6 yang akan melaksanakan KKL. "Kegiatan ini merupakan salah satu program Prodi MPI untuk memberikan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya terutama bagi mahasiswa kami yang akan melaksanakan KKL agar memiliki modal untuk bisa terjun ke lapangan dan mampu berbaur dengan masyarakat," ujar beliau.

Dalam acara penutupan ini setiap Program ekstrakulikuler menampilkan penampilan terbaiknya setelah mengikuti kegiatan tersebut selama kurang lebih 10 kali pertemuan. Ekstrakulikuler tersebut terdiri dari Albarzanji, kitab kuning, moderasi beragama, publick speaking, mini riset, otak Atik jurnal, pembuatan buku, jurnalistik, Mabit, dan leadership. Penampilan tersebut akan dinilai oleh dewan juri untuk ditentukan siapa pemenangnya. Untuk ekstrakulikuler terbaik diraih oleh kelas public speaking yang menampilkan stand up comedy, disusul oleh penampilan terbaik dari kelas kitab kuning dan yang terakhir adalah kelas jurnalistik. Sedangkan untuk kategori dosen pembimbing terbaik diraih oleh kelas publik speaking yaitu bapak Choirul Ikhsan Dly, S.Pd, kelas pembuatan buku yaitu ibuk Sakdiah Nasution serta dari kelas albarzanji yaitu ibuk Elida Purnama, M.Pd.

Dan diakhir kegiatan Prodi MPI juga mengumumkan beberapa kategori untuk doen dan mahasiswa. Hal ini merupakan suatu reward kepada para dosen-dosen hebat MPI. Ada 4 kategori untuk dosen yaitu dosen disiplin diberikan kepada bapak Ali Yusron, M.Pd, kategori dosen Kreatif dan inovatif diberikan kepada ibuk Marwah, M.Pd, kategori dosen berkarya dan produktif diberikan kepada ibuk Wahyu Fitrina defi, M.Pd, sedangkan untuk kategori dosen terfavorit diberikan kepada ibuk Linda Matondang, M.Pd.

Selain dosen, ada juga kategori untuk mahasiswa yaitu kategori mahasiswa komunikatif, aktif dan berwawasan luas diberikan kepada Nadia Syahida Lbs, kategori mahasiswa berprestasi diberikan kepada Siti Fatimah, sedangkan untuk kategori terakhir yaitu mahasiswa media sosial terinformatif diberikan kepada Zulhan Sukri. Pengumuman kategori-kategori tersebut merupakan kegiatan terakhir sekaligus menjadi acara penutup dari acara ini. 

Ayo Semangat! STAIN MADINA Menuju IAIN. (Tim Humas)

Share To :